2/23/2014

2/23/2014
Gunting dengan kualitas yang baik biasanya akan awet, bagian pegangan tidak mudah patah. Tapi jika digunakan untuk berbagai keperluan dalam jangka yang lama maka mata gunting akan mengalami aus atau menjadi tumpul, beberapa orang lebih memilih untuk membuang gunting yang sudah tumpul karna mata gunting merupakan bagian paling utama. Jika pegangan gunting patah bisa di sambung dengan lem altecko atau ada juga yang menempelkan kembali dengan lakban. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menajamkan kembali mata gunting yang kita gunakan.
Sebelum kami mengetahui cara untuk menjamkan gunting saya sering membiarkan gunting-gunting yang tumpul sebenarnya sayang sekali gunting tersebut bisa digunakan lagi. Berikut beberapa cara untuk mengasah atau menajamkan gunting yang sudah tumpul.





Menggosok dengan alkohol

1. Tuangkan alkohol ke kapas
2. Usap kan kapas tersebut ke mata gunting 
Dengan menggunakan Daun Sereh
1. Siapkan daun sereh kurang lebih 10 helai
2. Potong-potong daun sereh dengan menggunakan gunting yang tumpul tersebut
cara ini juga bisa kita gunakan untuk pisau yang tumpul, artinya ketika kita memotong daun sereh juga sekaligus telah menajamkan pisau atau gunting yang kita gunakan tersebut.
Dengan menggunakan Daun Bambu

cara ini sama seperti cara diatas cuma kita menggunakan daun bambu, karna tekstur daun bambu cukup kasar, dapat mempertajam gunting yang kita gunakan untuk memotongnya.
Dengan Menggunakan Amplas besi Atau amplas halus
Cara yang sama, dengan menggunakan amplas lebih cepat untuk menajamkan gunting yang tumpul, karna permukaan amplas yang cukup kasar bahkan secara fungsi amplas halus memang digunakan untuk menggosok logam.
Dengan Menggunakan Botol Kaca
Cara alternatif jika kita butuh secara tiba-tiba dan tidak ada alat-alat diatas kita bisa menggunakan botol kaca,  yaitu dengan menggosok gosokan mata gunting seolah-olah kita sedang menggunting botol tersebut.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini