7/12/2016


Sebelumnya kami pernah menulis sebuah artikel tentang membuat kerajinan dari bahan resin yang bisa kita buat menjadi berbagai kerajinan dari tempelan memo, gantungan kunci, atau mengabadikan sebuah benda kenangan bahkan bisa dibuat batu akik plasu.
Namun ketika kita melihat sebuah meja kayu yang dikombinasi dengan resin yang menyala menjadikan meja tersebut memiliki kesan lebih mewah dan mahal, dan yang jelas hasilnya akan sangat bagus bisa kita lihat seperti pada gambar.
Awalnya kami melihat dari sebuah situs http://www.thisiscolossal.com/2014/08/diy-glowing-inlaid-resin-shelves-by-mat-brown/ dalam situs ini banyak sekali membuat berbagai kerajinan dari bahan resin, dan kami penasaran ingin tahu bagai mana pembuatanya, sebelum menulis artike ini kami sudah browsing untuk memastikan bahan-bahan tersebut bisa kita dapatkan di toko bahan kimia, atau bisa juga beli online.



Bahan yang dibutuhkan adalah untuk membuat kayu glow in the dark
kayu
Jika anda memiliki kayu yang sudah berlubang dmakan rayap bisa kita manfaatkan, artinya jika kayu tersebut tidak sempurna akan lebih baik.
Cairan Resin dan Katalisnya
Bisa kita dapatkan di toko bahan kimia, ketika anda membeli konsultasikan terlebih dahulu cara menggunakan kedua bahan tersebut, karena tiap merek resin berbeda-beda komposisinya.
Bubuk  Fosfor
Agar resin bisa menyala kita tambahkan bahan ini, kita bisa mendapatkan di toko bahan kimia, harga bubuk fosfor 1kg sekitar Rp.1,5jt namun kita bisa beli 100 g kisaran Rp 150.000  seperti halnya resin pastikan konsultasi tentang cara penggunaanya. 
Vernis
Seperti biasa untuk finising agar labih bagus hasilnya

Alat yang dibutuhkan
  • Amplas
  • Scrub
  • wadah
  • sarung tangan
Siapkan Kayu yang akan kita buat glow in the dark

Potong kayu sesuai ukuran yang kita inginkan, lalu haluskan dengan amplas

 Membuat Adonan Resin
Sekarang buat adonan resinya. Campurlah resin katalis ke suatu wadah plastic (bisa bekas minuman gelas atau wadah lainnya). Jangan diaduk dulu, tambahkan bubuk fosfor glow in the dark. Disini saya menggunakan bubuk fosfor Lalu campurkan bubuk fosfor tersebut ke dalam larutan tadi. Perbandingannya adalah resin:katalis:bubuk fosfor—100:5:20 (dalam ukuran volume). Lalu baru diaduk sampai rata

Isi Bagian lubang dengan Resin
Tuangkan adonan tadi ke lubang-lubang kayu yang ada. Usahakan jangan terlalu banyak yang tumpah atau melebar. Juga kalau bisa resin yang dituangkan agak dilebihkan sampai membentuk permukaan yang cembung, karena adonan tersebut bakalan menyusut. Tunggulah sehari sampai donan tersebut kering sempurna

 Finishing
Jika adonan resin sudah kering, kita haluskan kembali dengan amplas, lalu lapisi dengan vernis supaya hasil lebih bagus dan mengkilat

Proses pembuatanya memang membutuhkan waktu yang cukup namun hasilnya lebih memuaskan, bukan hanya meja kayu bahkan beberapa benda bisa kita kombinasikan dengan resin dan bubuk fosfor.





  1. Cara Memasang Sendiri Wallpaper DInding dengan Rapi
  2. Cara Memperbaiki Kayu Lapuk
  3. Desain Rak Buku Kreatif
  4. Ide Kreatif Cat Ruangan 
  5. Membuat Rak Sepatu Dekoratif dari paralon
  6. Memilih Warna kamar
  7. Menanam tananman buah naga di meja
  8. Mendekorasi kamar
  9. Mengatasi Kamar yang Sempit
  10. Pabrik Semen Tua Disulap Jadi Arsitektur Modern dan Epic
  11. Rayakan Lebaran Dengan Beberapa Tips ini
  12. Serunya Menanam Jeruk dengan media gelas
  13. cara sederhana mengatasi genteng bocor
  14. ide kreatif yang bisa kita gunakan untuk dekorasi ruangan
  15. ide-Ide Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga




Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Mantaaaap gan....bermanfaat bgt bagi yg ingin wira usaha mandiri dan kreatif.

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini