2/23/2014

2/23/2014
Beberapa waktu lalu sekitar awal musim hujan tahun 2013 setiap hujan datang petir sangat kuat sekali bahkan kadang ketika pulang kerja saya sampai takut bila petir tersebut tiba-tiba menyambar. Pada saat itu juga paginya saya mendapat info hujan sore hari tersebut telah memakan korban yang kebetulan masih tetangga dengan rekan kerja saya. Lalu saya browsing bagaimana kilat bisa menyambar orang sampai meninggal seketika itu juga. Saya mendapatkan berita dari sebuah blog tentang 44 suporter bola yang tersambar petir bahkan ada yang meninggal dunia, dan beberapa kasus yang sama. Ada satu kesimpulan yang sama yaitu mereka berteduh dengan handphone dalam keadaan aktif, bahkan ada saksi dalam kejadia, korban sambaran petir berteduh sambil memainkan handphone bisa jadi sedang sms.


Bagaimana Handphone bisa menjadi konduktor?? handphone dalam keadaan aktif akan terus mencari sinyal, sinyal yang disebarkan melalui antena tersebut akan bekerja mencari medan elektromagnet. bahkan handphone sendiri terdiri dari komponen elektronik. Dalam keadaan aktif handphone akan memanggil petir.
Apakah handphone saja ??? tentunya barang elektronik apapun juga berbahaya. 
1. Matikan handphone kita (benar-benar dalam keadaan off jangan airplane mode)
2. Jika kita mengendarai mobil kurangi penggunaan listrik, AC, TV, Musik atau apapun (meskipun mobil merupakan tempat yang aman untuk menhindari sambaran petir)
3. Jika kita berteduh usahakan jangan bergerombol 
4. Jika kita berada di rumah sebaiknya kurangi penggunaan listrik, cabut beberapa kabel yang tidak kita gunakan.
 Jika pada saat hujan tiba, kita urgen harus menghubungi seseorang sebaiknya di tunda tapi bila sangat-sangat mendesak,
1. Carilah ruangan tertutup
2. Nyalakan handphone ketika kita sudah berada didalam ruangan tersebut
3. Gunakan handphone seperlunya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini