8/18/2016

Ternyata selama kita sekolah, tidak semua yang diajarkan disekolah itu benar. Hal ini bisa jadi disebabkan karena perkembangan informasi yang masih belum menjangkau dengan akurat atau sengaja karena rumitnya penjelasan yang bisa diterima oleh nalar siswa.

Namun penjelasan salah dari pelajaran di sekolah yang kita pelajari pada saat itu sampai saat ini banyak yang tidak kita sadari. Berikut ini 7 Kebohongan Pelajaran Sekolah  yang tidak Kita Sadari

1. Berlian terbuat dari Batu bara

Ketika duduk di Sekolah Dasar kita diajarkan bahwa Berlian terbuat dari batu bara yang memadat selama berjuta-juta tahun lamanya. Sebetulnya Berlian terbuat dari senyawa karbon yang terbentuk ketika proses pembentukan bumi. 

2. Diluar angkasa tidak ada gaya grafitasi

Sebetulnya penjelasan itu salah, karena pada kenyataanya diluar angkasa itu terdapat gaya grafitasi meskipun kecil. Jika kita pernah melihat para astronot yang sedang terbang mereka tidak benar-benar terbang, yang sebenarnya mereka sedang terjatuh namun lambat karena lemahnya gaya grafitasi, hingga seolah olah mereka sedang terbang melayang. kita bisa melihat video astronot di youtube dan perhatikan baik-baik.

3. Teori Gravitasi Ditemukan Ketika Newton Melihat Apel Jatuh

Dalam buku pelajaran dijelaskan bahwa Isac Newton menemukan gaya gravitasi ketika melihat apel yang terjatuh dari pohon, Bahakan cerita ini pun melekat pada filosofi logo Apple Computer yang pertama. Tidak ada bukti kebenaran cerita Mengenai teori grafitasi muncul ketika Isac Newton melihat apel jatuh atau tertimpa buah apel. Teori Grafitasi muncul dari Hasil Penelitian yang dilakukan oleh Isac Newton

4. Bunglon Berubah Warna Sebagai Kamufase Untuk Menghindari Bahaya

Yang diajarkan disekolah tidak Salah Namun kurang tepat, Bunglon berubah warna sebetulnya merupakan cara komunikasi mereka untuk memberikan tanda bahaya dan sekaligus untuk menarik lawan jenis. Namun perubahan warna pada bunglon lebih banyak untuk mengatur suhu tubuh mereka.

5. Thomas Alfa Edison Adalah Penemu Bola Lampu

Itulah yang diajarkan disekolah, penemu bola lampu yang sebenarnya adalah Heinrich Goebel, Ketika Heinrich Goebel meninggal Thomas Alfa Edison membeli Lisensinya dan menyempurnakan temuan Heinrich Goebel.

6. Seniman Van Gogh Memotong Telinganya

Dalam pelajaran diceritakan bahwa Van Gogh telah memotong telinganya ketika dia mengalami gangguan jiwa, hal ini tidak benar karena telinga Van Gogh putus karena dipotong oleh rekanya sesama seniman ketika terjadi perkelahian.

7. Lidah Menangkap Rasa Pada bagian-bagian tertentu

Teori ini sudah tidak berlaku lagi, karena tiap bagian lidah memiliki fungsi yang sama, dan rasa asam ditangkap oleh protein pada lidah sehingga kita bisa mengetahui bahwa makanan yang kita makan sudah basi.

Banyak lagi pelajaran yang tidak betul yang harus direfisi, seperti misalnya sejarah PKI yang dulu sangat kental pada masa orde baru, teori evolusi yang masih menjadi kontroversi, bahkan tokoh penemu teori evolusi bukanlah charles darwin karena sebelumnya teori evolusi pernah dicetuskan oleh ilmuan bernama Ibnu Kaldun pada tahun 1400-an. Jadi kita perlu mendapingin anak-anak kita pada saat belajar supaya bisa meluruskan informasi yang salah pada pelajaran sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini