8/15/2016

Pada jaman dahulu banyak pekerjaan-pekerjaan yang sudah tidak ada lagi pada zaman sekarang karena bisa dibilang sudah tidak relevan dengan dunia modern. Jika pekerjaan semacam itu masih ada pada saat ini dilakukan hanya sebatas kultur dari masyarakat tertentu. Dari beberapa pekerjaan pada jaman dulu yang sudah tidak ada lagi pada jaman sekarang 10 diantaranya kita anggap aneh untuk masa kini. Berikut ini 10 pekerjaan aneh unik pada jaman dulu.

1. Pembaca Hiburan Di Pabrik
Jaman dulu sebelum ada televisi dan radio, sebuah perusahaan memperkerjakan seorang pembaca hiburan untuk para pekerja pabrik, hal ini dilakukan supaya para pekerja tidak jenuh menjalani aktifitas kerja. Meskipun pekerjaan pembaca hiburan sekarang sudah tidak ada lagi, namun hal ini menjadi dasar pentingnya kenyamanan kerja untuk mencapai produktifitas tinggi. Sepertihalnya yang dilakukan Google yang memberikan fasilitas hiburan untuk para karyawan.

2. Tukang Menyalakan Lampu

Berbeda dengan jaman sekarang Lampu penerangan jalan pada jaman dahulu masih menggunakan lampu minyak. Jaman sekarang lampu penerangan jalan menggunakan listrik dan akan nyala dan mati secara otomatis. Pada jaman dahulu lampu penerangan jalan harus dinyalakan secara manual satu persatu. Untuk menyalakan lampu setiap hari setiap daerah memerlukan seorang pekerja kusur yang bertugs untuk menyalakan lampu sepanjang jalan.

3. Radar Manual

Sebelum ditemukannya radar untuk melacak benda terbang, pada jaman dahulu ada alat khusus yang berfungsi untuk melacak pesawat musuh yang datang, alat ini membutuhkan orang kusus yang bertugas untuk mendengarkan suara pesawat yang mendekat. Dengan alat ini mampu mendeteksi pesawat musuh yang masuk kewilyah tertentu. Namu alat ini sudah tidak digunakan lagi karena sekarang sudah menggunakan radar modern yang dikendalikan oleh komputer.

4. Alarm berjalan

Pada masa ketika jam weker bhelum ada atau masih merupakan barang yangat mahal, masyarakat untuk bangun pagi menggunkan jasa tukang membangunkan. mereka bertugas untuk membangunkan orang yang telah membayar dengan kesepakan tertentu.

5. Pemotong Balok Es

Seperti yang kita lihat dalam film Kartun Frozen, seorang poemotong es yang bernama Kristof, seperti itulah profesi tukang potong es balok, pada jaman dahulu belum ada almari es, masyarakat menggunakan jaa tukang potong es untuk kebutuhan menyimpan berbagai bahan makan.

6. Kurir Kayu

Pada jaman dahulu sebelum ada alat trasnportasi untuk pengangkutan kayu, jalur terbaik untuk pengiriman kayu adalah melalui sungai. Biasanya setelah kayu di tebang untuk menuju tempat orang yang membutuhkanya mereka menggunakan kurir kayu semacam sopir, para kurir kurir kayu ini bertugas mengendalikan kayu menuju tempat tujuan lmelalui jalur sungai.

7. Penangkap Tikus

Tikus merupakan binatang yang sangat mengganggu sekaligus menjijikkan. Sebelum ada teknologi jebakan tikus, racun tikus dsb masyarakat jaman dahulu menggunakan jasa penangkap tikus. Para penangkap tikus ini mereka cukup profesional dan terlatih layaknya pekerjaan pada umumnya.

8. Penyusun Pin Bowling

Pada jaman sekarang ketika kita bermain bowling setelah melakukan lemparan, pintu akan menutup dan ketika terbuka pin bowling sudah tersusun. Namun pada jaman dahulu ada orang kusus yang menjaga pin tersebut, mereka akan menyusun kembali pin bowling seperti semula.

  1. 100 Tips Life Hack
  2. 4 Hal menyenangkan Yang bisa KIta lakukan dengan korek
  3. 5 Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari
  4. Cara Sukses Main Pokemon Go
  5. HEBOH!!! LifeHacks berusia lebih dari 100 tahun dari sebuah produk rokok yang manjur
  6. Kreatif Tutup botol plastik bisa dijadikan benda berikut
  7. Membuat plastik kedap Udara
  8. Membuat tangan robot dari kardus
  9. Selesai Belanja Ada yang yang lupa ga di beli, Begini Caranya

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini