5/23/2016

Kualitas tidur sangat berpengaruh pada kondisi kebugaran saat akan beraktifitas keesokan harinya, bahkan terkadang kita pernah mengalami tidur dalam waktu yang normal namun dipagi harinya badan terasa letih dan pegal-pegal. Jika kita ingin tidur dengan kualitas yang baik dan tentunya memberikan efek positif bagi kondisi kesehatan tubuh kita, kita bisa melakukan cara tidur sebagai berikut.

Basuh beberapa bagian tubuh kita (wudlu)
Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah kita dianjurkan berwudlu sebelum tidur seperti yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh (Bukhari dan Muslim). Membasuh muka, tangan dan kaki bukan hanya untuk menjaga kebersihan saja, namun membasuh tubuh bisa memberikan efek tenang dan rileks, bahkan beberapa orang mereka mandi sebelum tidur meskipun banyak mitos mengatakan mandi malam hari tidak baik untuk kesehatan.

Membaca Doa Sebelum dan sesudah
Rasulullah Muhammad saw jika mau tidur berdoa, “Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa” (Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup). 
Doa sebelum tidur merupakan cara kita untuk berpasrah dan melepaskan segala urusan aktifitas dunia 


Tidur Miring ke kanan
Rasulullah mengajarkan kita untuk tidur dalam posisi miring kekanan. dan meletakkan tangan dibawah pipi sebelah kanan.
Pernahkan diantara kita mengalami tidur ditindih setan atau sleep paralysis? untuk menhindari sleep pharalysis kita bisa tidur dengan posisi miring kekanan, tindihan kebanyakan terjadi ketika tidur tengkurap atau telungkup dan tidur terlentang.

Berdoa setelah bangun tidur
Bila bangun tidur berdoa, “Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali.” (HR. Muslim)

Mengusap Bekas Tidurnya
“Maka bangunlah Rasulullah Muhammad saw dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya” (HR. Muslim No. 763 (182)
Doa setelah tidur merupakan syukur kita pada Tuhan yang telah menjaga dan memberikan keselamatan fisik maupun psikis pada saat kita tidur.

Beristinsyaq, beristintsaar dan bersiwak ketika bangun tidur
Beristinsyaq dan beristintsaar adalah menghirup kemudian mengeluarkan atau menyemburkan kembali air dari hidung. 
Pernah kita dengar atau kira ucapkan istilah "ngumpulin nyawa dulu" cara inilah paling ampuh untuk "ngumpulin nyawa setelah bangun tidur.
“Apabila Rasulullah Muhammad saw bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” 

Ternyata cara tidur yang baik sudah diajarkan oleh Rasullullah bagi kita yang belum menjalankan bisa kita mulai dan rasakan manfaatnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini