6/06/2015

Dalam sebuah edisi majalah SWA pernah membahas tentang orang-orang yang sukses dari sebuah keahlian yang dimiliki salah satunya seorang pesulap paling populer di Indonesia yang berhasil mendapat penghargaan Internasional yaitu Dedy corbuzier. Dedy Corbuzier menjadi populer bukan datang secara tiba-tiba namun dia melalui sebuah proses yang panjang. Selain Dedy Corbuzierjuga ada Abdul Rahman seorang Founder detikcom, Utut Adianto seorang pemain catur, Ahmad Dhani musisi sekaligus pendiri Republik Cinta, Johannes Surya mereka adalah para outlier Indonesia.


Apakah outlier itu?

Kita awali dari 3 pertanyaan

1.       Kenapa ada orang masih muda namun bisa sukses dalam karirnya?

2.       Kenapa ada orang sukses setelah usia diatas 50tahun

3.       Namun ada juga orang yang tidak pernah sukses dalam sebuah bidang atau karirnya atau hanya biasa saja.

Apakah untuk menjadi ahli di sebuah bidang kita harus memiliki IQ yang tinggi???
Seorang yang bernama Malcolm Gladwell berhasil menemukan sebuah jawaban sederhana yang dia tulis dalam bukunya "OUTLIERS". Malcolm memperoleh sebuah kesimpulan sederhana, yaitu mereka yang melakukan pengulangan sebanyak 10.000 jam disertai dengan peningkatan mereka akan menjadi ahli dibidangnya. Maksudnya jika pengulangan asal-asal saja tidak akan membuat kita menjadi ahli.

Kita contahkan Dedy Corbuzier  bagaimana dia bisa ahli dalam bermain sulap? Dedy Corbuzier selalu melakukan latihan 8-9 jam setiap hari. Itu artinya jika kita ingin ahli dalam sebuah bidang kita harus berlatih 8-9 jam setiap hari, maka sekitar 5 tahun lagi kita akan menjadi ahli.

Jika kita ingin menjadi ahli dalam suatu bidang, mulai sekarang kita harus melakukan latihan untuk mengejar 10.000 jam, Hal ini juga dilakukan oleh banyak orang-orang sukses seperti seorang musisi, pemain bola, direktur dan berbagai profesi lainya.

"Sangat simpel sekali hanya butuh latihan selama 10.000 jam"



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini