5/02/2015

Lilin yang selama ini kita kenal sebagai sumber cahaya saat mati lampu seringkali digunakan untuk mainan anak-anak, seperti halnya ketika mati lampu pada masa kanak-kanak dahulu mereka mengisi waktu dengan memainkan lampu senter atau lilin sebagai pengganti tv. Kita bisa melakukan beberapa percobaan menarik dengan lilin yang bisa kita lakukan dengan anak-anak kita, yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan anak selain menyenangkan juga memiliki manfaat edukasi.
Membuat ayunan dengan lilin.
Kita akan membuat lilin yang akan bergerak seperti ayunan, caranya sangat sederhana sekali. beberapa alat dan bahan berikut.
  • Paku
  • Tiang poros (bisa dengan dua buah gelas koktail)
  • korek api
  • Lilin
  • Alas 
Cara membuat ayunan lilin
Tusuk bagian tengah lilin, tepat pada titik keseimbangan lilin


Letakkan tiang poros/ gelas diatas kertas, susun tiang poros berjajar dan letakkan lilin diantara tiang seperti gambar berikut.


Tetelah tersusun dengan imbang, kita nyalakan api pada kedua sisi sumbu lilin, dalam hal ini sumbu atas dan sumbu bawah.
 Jika kedua sisi sudah menyala maka kita akan melihat lilin mulai berayun dengan indah. Selamat mencoba.

Lilin bisa berayun karena bagian lilin yang meleleh membut berat lilin berkurang, maka bagian atas, atau bagian lilin yang lebih berast akan berayun turun, setelah menetes bagian lilin yang berat akan menjadi lebih ringan akan begitu seterusnya. Selamat mencoba






0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini