1/01/2015

1/01/2015
Melakukan pekerjaan teknis akan sangat mudah jika didukung peralatan yang memadai, namun pada saat tertentu kita tidak ada alat-alat  untuk melakukan pekerjaan tersebut. Hal ini sering kita jumpai ketika harus memotong tali dan tidak ada peralatan seperti pisau, gunting atau korek api (korek api menjadi salah satu alternatif jika tidak ada alat potong). Biasanya untuk memotong tali kita menggunakan tangan dengan membuat simpul lalu menggerakanya dengan tangan, memotong tali dengan cara ini bisa dilakukan oleh orang-orang yang terbiasa, namun bila kita belum terbiasa maka tangan kita bisa terluka.

Ada sebuah cara memotong tali tanpa menggunakan alat potong dengan cara yang aman, bahkan bisa kita lakukan pada tali nilon yang tebal, langkah-langkahnya sebagai berikut.

Ukur tali yang akan kita potong, jika sudah kita temukan ukuranya, beri tanda dengan spidol atau apapun, bisa kita lipat atau dengan apapun sekitar kita.




Injak tali dengan kakipada posisi yang akan kita potong berada di tengah.


Lalu kita gunakan bagian sisa tali yang lebih panjang untuk menggosok titik yang akan kita potong. seperti gambar di bawah. Lalu gesek bagian yang akan kita potong dengan cara seperti pada gambar dibawah.





Cara ini lebih mudah, simpel dan aman, tidak melukai tangan kita. Selain intu kita juga bisa melakukannya untuk memotong tali yang lebih tebal.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini