12/23/2014

12/23/2014
Tanaman hidroponik tidak asing lagi ditelinga pecinta tanaman. Tanamana ini dikenal sudah lama, bahkan banyak orang yang mencoba untuk menamam tanaman dengan metode ini dikarenakan caranya yang sangat mudah dan efektif.  Tanaman hidroponik ini merupakan cara menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah, media yang bisa digunakan adalah kapas, pecahan batu bata dan masih banyak lainnya. Meskipun mudah namun kita harus tahu cara menanam tanaman dengan cara hidroponik. Agar hasil tanaman yang dihasilkan lebih efektif dan lebih banyak.  Metode hidroponik ini juga sangat efektif digunakan bagi pecinta tanaman yang tidak memiliki lahan cukup untuk menanam tanaman.
Sesuai dengan namanya, hidroponik merupakan cara menanam tanaman menggunakan dengan media air. Hidroponik merupakan cara membudidayakan tanaman dengan air yang sudah diberikan nutrisi terlebih dahulu bukan menggunakan dengan media tanah.  Yang menarik adalah hidroponik tidak memerlukan pestisida yang membayakan jika sampai tertelan oleh tubuh.  Herbisida juga tidak ada dalam menanamtanaman hidroponik. Sayuran yang ditanam dengan cara ini akan lebih aman dalam dikonsumsi oleh tubuh.  Maka tidak heran jika sayuran yang ditanam dengan metode ini akan lebih organik dan menghasilkan kualitas yang lebih bagus. Untuk perumbuhannya tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik bisa lebih cepat sebanyak 50 persen jika dibandingkan dengan tanaman yang ditanam dengan tanah biasa. Hal ini dikarenakan nutrisi air yang didapatkan oleh tanaman lebih banyak.
Berikut ini cara menanam tanaman hidroponik yang bisa Anda coba :
Siapkan dahulu alat yang akan digunakan. 


Alat yang harus Anda siapkan botol mineral yang bekas, gelas plastik minerak, botol minyak goreng bekas, kain, nutrisi hidroponik dan media tanam berupa kerikil, pasir, pecahan bata merah dan masih banyak lagi lainnya).

Caranya adalah botol dipotong menjadi dua bagian, berikan lubang di bagian atas yang berfungsi untuk memasang kain.




Pasang sumbu pada botol yang bagian bawah.
Isi bagian atas botol menggunakan media tanam yang sudah Anda siapkan.


Tanam bibit dan siram menggunakan larutan hidroponik.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini