-->

1/01/2014

Cara Agar Tidak Menangis Saat Memotong Bawang

Bawang bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi keseharian, sebagian besar pemanfaatanya untuk bumbu masakan meskipun sebenarnya ada manfaat lain dari bawang misalnya sebagai anti radang, pembunuh bakteri, menurunkan panas kadang kita pernah lihat beberapa masyarakat mengkompres kepalanya dengan bawang merah dengan cara membubuhi bawang merah ke dahi, salain itu juga bisa mengontrol kolesteral dan gula darah. Di Indonesia sendiri kita mengenal ada lima jenis bawang yaitu


Bawang Merah yang paling sering dijadikan bumbu masakan atau digoreng sebagai campuran makanan dan hampir stiap hari kita menggunakannya atau menjumpai dalam bentuk bawang goreng sebagai campuran masakan.
Bawang Putih merupakan jenis bawang terpopuler kedua di Indonesia dan memiliki fungsi hampir sama namun memiliki sensasi rasa yang berbeda dan struktur dagingnya pun berbeda dengan bawang merah atau bawang bombay, biasanya kalo kita makan kacang goreng bawang putih memberikan aroma sedap dengan mencampurkan irisan bawang putih…. hayo ngaku siapa yang kalo ada kacang goreng suka berburu bawang gorengnya???. Berikutnya adalah

Bawang Kucai biasa digunakan sebagai pelengkap makanan bagi orang tertentu seperti saya jarang sekali menemui bawang kucai, biasanya yang saya temui saat membeli lumpia makanan khas semarang, atau menu-menu makanan hotel yang disajikan dengan epic, sehingga dengan melihat bawang kucai saja bisa menambah selera makan kita meskipun bawang kucainya tidak saya makan.

Bawang Prei ada yang menyebutnya dengan daun bawang kalo orang semarang menyebutnya dengan onclang biasanya dipakai untuk sop dan sering kita temui saat beli mie ayam.

Bawang Bombay memiliki bentuk atau struktur daging yang sama dengan bawang merah namun bawang Bombay memiliki ukuran yang lebih besar dan berwarna putih, fungsi bawang Bombay pada umumnya hampir sama dengan bawang merah, namun beberapa orang menggunakan bawang Bombay dan bawang merah sesuai jenis masakan yang mereka olah, karena meski ada kemiripan namun ada perbadaan aroma dan rasa yang berbeda.

Bawang memiliki kandungan gas belerang oleh sebab itu bawang memiliki aroma yang cukup kuat dan sedikit rasa pedas. Namun kandungan gas belerang yang paling kuat yaitu ada pada bawang merah, dan bawang Bombay, itulah kenapa ketika kita mengiris kedua jenis bawang tersebut sering kita mengeluarkan air mata karena ketika kita mengiris bawang zat belerang tersebut akan terlepas dan bereaksi pada mata kita. Atau bahkan jika dalam jumlah besar kita mencium aromanya tiba-tiba mata kita jadi pedih.


Jika anda masih mencintai diri anda  jangan lakukan ini
Diantara kita sering tidak tahan dengan gas belerang dari bawang merah yang membuat mata pedih saat kita mengiris bawang, dan beberapa upaya dilakukan misalnya dengan menutup hidung, memakai kacamata dan lain-lain meski tidak perlu seperti pada gambar disamping. Ada cara sederhana agar kita tidak menangis saat mengiris bawang.






Dinginkan Bawang

Kita bisa mendinginkan bawang dengan memasukan kedalam kulkas atau almari es terlebih dahulu, karena ketika bawang dalam keadaan dingin maka akan mengurangi gas belerang. yang bisa mengurangi mata pedih saat memotong bawang.

Gunakan pisau yang tajam

Ketika kita akan mengiris bawang pastikan pisau yang kita gunakan benar-benar tajam, ketika pisau kita tumpul maka gas belerang yang terlepas akan semakin besar reaksinya, sebaliknya ketika kita mengguna pisau yang cukup tajam gas belerang yang terlepas hanya sedikit.

Menyalakan Lilin

Saat kita mengiris bawang, ada baiknya kita menyalakan lilin disebelah tempat kita mengiris bawang, fungsi menyalakan lilin yaitu agar gas belerang yang terlepas akan bereaksi dengan uap lilin sehingga aroma yang membuat mata kita menjadi pedih akan terserap atau lebih tepatnya akan bereaksi dengan uap lilin.


Dengan tiga cara tersebut cukup membantu kita saat memotong bawang sehingga tidak menangis, selamat mencoba! Jika artikel ini bermanfaat silahkan tinggalkan komen atau bagikan ke teman-teman kita melalui facebook atau yang lainya. inilah cara supaya mata tidak pedih saat memotong bawang
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post