-->

1/01/2014

Agar Bunga Tahan lama di Vas

Setiap hari raya ibu saya selalu menghias rumah dengan bunga yang disusun di vas bungan dan diletakkan di beberapa sudut ruangan, selain memperindah ruanga bunga-bunga tersebut memberikan aroma yang harum sehingga rumah menjadi segar dan harum bunga ternya memberi efek relaksasi. Suatu ketika pada waktu hari raya datang saya memperhatikan ibu merangkai bunga yang dibeli di pasar bunga kalisari semarang (kota saya tinggal pada waktu itu) dari bunga-bunga tersebut dipotong batang-batangnya sampai dirangkai di vas bunga saya heran ketika ibu menambahkan gula pada air di vas bunga, kabarnya dengan menambahkan gula akan membuat bunga di vas akan lebih awet.


Lalu saya penasaran bagaimana cara para tukang rangkai bunga professional merangkai bunga divas bunga disebuah persiapan resepsi pernikahan saya melihat orang yang merangkai bunga dengan harapan tahu cara merangkai bunga, ternyata saya belajar ditempat yang salah, karena bunga yang dirangkai di resepsi pernikahan hanya untuk dipajang satu hari lalu dibuang.
Suatu ketika saya membaca sebuah headline ditampilan web, ada beberapa judul berita dan yang menarik ada salah satu judul yang kurang lebih Aspirin dapat membuat bunga tetap segar, aspirin!!! Apa hubunganya aspirin dengan bunga?? Sayangnya dalam berita yang ditulis pada portal tersebut tidak menjelaskan secara detail dan informasi yang saya terima hanya sebatas penasaran. Dari rasa penasaran itu saya mendapatkan informasi kenapa aspirin bisa membuat bunga di vas menjadi awet??
Ternyata aspirin ketika kita larutkan dalam air maka akan terurai menjadi asalam salisilat dan asam asetat. Asam salisilat dia memiliki anti bakteri yang dapat membuat bunga tidak mudah membusuk dan asam asetat ini yang membantu dalam aktifitas fotosintesa. Kurang lebih seperti itu dari hasil informasi yang saya dapatkan. 


Potong Ujung Bunga
Potong ujung bunga miring sekitar 45 derajat, pastikan ketika kita memotong kita menggunaka guting yang tajam. Lebih baik lagi ketika kita memotong, ujung bunga yang kita potong dilama rendaman air, jadi kita memotongya dalam posisi terandam, karena untuk menggindari masuknya udara kosong dalam batang bunga.
Siapkan Vas Bunga
Pastika vas bunga yang akan kita gunakan dalam kondisi bersih, karena jika vas yang kita pakai kotor maka bakteri yang ada pada vas menyebabkan bunga cepat busuk.
Setelah kita pastikan vas yang kita gunakan dalam keadaan bersih isi dengan air secukupnya, lalu masukan aspirin yang sudah kita hancurkan, pastikan aspirin benar-benar larut dalam air.
Masukan kedalam vas
Setelah anda pastika bahwa aspirin tersebut sudah benar-benar larut, kita bisa memasukan bunga kedalam vas. Usahakan sebisa mungkin jangan sampai ujung bunga menyentuk bagian bawah vas, atau ujung bunga harus dalam posisi mengambang.
Tambahan
Ketika kita merangkai bunga jangan mencampur dengan bunga bakung karena getahnya akan membuat bunga lain jadi mudah membusuk.
Kabarnya nih aspirin juga bisa digunakan untuk mempersubur tanaman-tanaman didalam pot, misal kita penggemar bonsai atau tanaman lain. Tapi jhonny bukan blog yang membahas tentang tanaman jadi kami tidak menulis artikel tersebut. Ternyata aspirin bukan buat obat pusing kepala saja, tapi bisa mengatasi pusing saat bunga dalam vas cepat layu. Semoga bermanfaat kami tunggu komentar dan masukan dari anda untuk pengembangan blog kami. Terima kasih…semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post