3/08/2014

3/08/2014
Menurut  literatur sejarah manusia, pembuatan api merupakan sebuah terobosan besar dalam peradaban manusia, ada beberapa teori tentang awal mulanya api di temukan.  Pada rubik sain & fun kali ini kita akan membahas cara membuat api tanpa menggunakan korek api, ada beberapa cara yang akan team kami cari terus sehingga semakin banyak cara.  Dari cara yang paling kuno hingga dengan alat-alat lain yang bisa kita gunakan. Selain sebagai pengetahuan bagi kita artikel ini bisa kita gunakan untuk just for fun atau memang dalam keadaan mendesak.


Hand Drill
Cara ini merupakan cara primitive, meski ada yang berpendapat sebelumnya ada cara yang lebih promitif  yaitu dengan mengetokan batu hingga keluar percikan api, tapi cara tersebut tidak kami bahas karna selain kurang menyenangkan untuk dicoba juga kebayang betapa sulitnya, sebaiknya kita membahas tehnik hand drill aja.
Tehnik handrill yaitu dengan memutar kayu poros yang diputar dengan telapak tangan


Alat yang perlu disiapkan:
Bahan yang mudah terbakar (rumput kering, serpihan kayu,daun kering dll)
Kedua, siapkan ranting kayu kering yang panjang sebagai poros, sebuah papan kayu sebagai alas, dan selembar daun sebagai tempat serbuk kayu yang terbakar.
Ketiga, pada papan kayu (alas)..buatlah titik yang besarnya kurang lebih sama dengan poros kayu, kemudian potong pada tepinya membentuk huruf V agar serbuk api bisa jatuh ke daun.
Keempat, letakkan daun tepat dibawah papan kayu (alas), kemudian mulai putar kayu poros dengan tangan hingga terbentuk api.
Kelima, ambil serbuk api yang tercipta dan letakkan di bahan mudah terbakar yang sudah anda siapkan. Tiup pelan-pelan hingga api membesar.



Bow Drill 
Bow Drill sebuah tehnik dengan cara kerja yang sama dengan handdrill namun bowdrill sedikit lebih maju dibanding hand drill, dengan menambahkan busur panah untuk alat memutar, selain lebih mudah tentunya tangan kita tidak akan panas akibat gesekan ketika memutar kayu poros.
Alat yang di perlukan sama:
Bahan mudah terbakar meliputi daun kering, rumput kering dll
Kayu poros
Papan  kayu pada titik poros sudah dipotong huru V
Setelah itu anda perlu membuat busurnya terlebih dahulu. Untuk membuat busur ini, anda sebaiknya memilih ranting yang segar, dan bukan ranting kering agar tidak patah saat di bengkokkan dan ulit ranting kayu tersebut bisa anda jadikan tali busur, dan rantingnya dijadikan busurnya.
Setelah semua peralatan jadi, anda tinggal memasang poros di busur, kemudian memutarnya diatas 







Berikut Tadi Adalah Cara-cara tradisional dalam membuat api, Sekarang kita akan membahas bagaimana membuat api dengan menggunakan media lensa:

Cara ini mengkin pernah kita lakukan pada waktu masih kecil, yaitu menggunakan kaca pembesar. Prinsip kerja tersebut yang bisa kita kembangkan dengan metode yang sama.
 Nah kira-kira dengan prinsip yang sama benda apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat api
1. kaca pembesar/ kacamata
2. plastik minuman
3. botol air
4. kondom/ balon
5. bekas kaleng soda
6. Bolam
dll
 Kami tidak akan menjelaskan proses detailnya karna kita pasti sudah pernah mencoba tehnik ini minmal dengan kaca pembesar.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini