6/21/2015

Kegiatan mudik lebaran menjadi sebuah tradisi bagi orang Indonesia bukan hanya pada umat Islam saja namun tradisi tersebut juga dilakukan bagi warga yang non muslim juga, hal ini dikarenakan lebaran merupakan kesempatan untuk berlibur panjang dan waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Bahkan saat lebaran bisa mengosongkan satu komplek. Bagi kita yang memili rencana mudik sebaiknya perhatikan beberapa hal untuk mengamankan rumah tempat tinggal anda. Berikut Hal-hal yang perlu kita lakukan sebagai cara agar rumah aman saat mudik.
Jangan publis Mudik kita di Internet
Mempublis aktifitas diinternet terutama jejaring sosial harus kita filter. Media sosial seperti facebook, twitter, path, dll memiliki fungsi untuk berbagi informasi namun portal tersebut sangat terbuka untuk umum, bahkan orang yang tidak kita kenal bisa masuk. Termasuk jangan mempublis rencana mudik kita melalui media sosial baik rencana atau aktifitas mudik kita. apalagi kita menjelaskan detail tentang kegiatan kita saat rumah kosong hal ini bisa mengundang orang untuk melakukan rencana jahat berdasar informasi yang dia miliki.
Amankan Barang-barang berharga 
Jika kita memiliki baang berharga sebaiknya kita amankan ditempat tertentu yang menurut kita orang sulit mengakses, atau tidak terpikir untuk mengakses. Hal ini akan membuat perjalanan anda lebih tenang. Jika meninggalkan kendaraan ada baiknya kita titipkan pada orang lain.

Kunci semua akses masuk
Mengunci semua akses masuk bukan hanya pada pintu masuk rumah, namun seperti jendela atau plaform rumah dan penghubung antar ruangan.Jika perlu kunci pintu dan jendela dengan menambah gembok atau pengaman lainya
Titipkan rumah pada tetangga
Jika ada tetangga yang tinggal di komplek titipkan rumah pada tetangga, mintalah tolong untuk mengecek setiap hari. 
Jangan tutup Korden Rumah
Menutup korden rumah bukan mengamankan rumah kita, namun justru sebaliknya. jika rumah selama beberapa hari kordennya tertutup maka kita akan menyimpulkan rumah tersebut tidak berpenghuni selama beberapa waktu. Korden yang tertutup menghalangi pandangan tetangga atau kerabat yang memiliki niat baik untuk mengecek kondisi rumah kita. Biarkan korden terbuka selama rumah kita tinggalkan, tetntunya jangan terbuka lebar namun seolah-olah rumah ada penghuni dan jika kita perhatikan kondisi rumah dalam sekilas tidak nampak, namun jika kita perhatikan dengan seksama akan nampak kondisi dalam rumah.
Nyalakan Lampu yang perlu
Atas pertimbangan hemat listrik beberapa orang meninggalkan rumah dalam keadaan gelap, namun sebaiknya kita tinggalkan rumah dengan memilah bagian mana yang harus tetatp nyala dan bagian mana yang harus dimatikan. Lampu teras, ruang utama sebaiknya nyala karena lampu teras juga bermanfaat memberi kenyamanan bagi tetangga kita yang tidak mudik, dan akan nampak jika ada aktifitas pada teras, ruang tengan akan memberi kesan rumah ada orang yang tinggal. 
Pastikan cabut Stop kontak
Tindakan ini merupakan upaya menghindari kejadian arus pendek dan juga untuk menghemat listrik.
Berhenti Berlangganan Koran atau Majalah
Selama rencana mudik sebaiknya kita hentikan dulu langganan koran dan majalah untuk sementara, namun jangan nampak jika alasan akan mudik. Langganan koran dalam keadaan rumah kosong akan nmengakibatkan penumpukan dan akan nampak bahwa pemilik rumah tidak ada ditempat

Lakukan pengamanan Lain
Kita bisa juga melakukan pengamanan lain seperti memasang CCTV online sehingga kita bisa memantau, namun kita memerlukan biaya untuk hal tersebut

Pasang radio portable, cara ini untuk mengelabuhi orang asing dengan menyalakan radio portable seolah-olah ada orang diruangan tersebut. selain murah cara ini juga tidak memakan banyak listrik. Tinggal colokin listrik putar musik, dan bila lampu mati alat tersebut masih menyimpan bateray. Kita bisa beli di toko akssoris komputer dengan harga kisaran 150rb.






Tips ini hanya beberapa cara yang bisa kita lakukan, namun masing-masing orang punya cara sendiri. dan yang pasti untuk mengamankan rumah kita harus yakin bahwa rumah kita aman dan berdoa untuk pada Allah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini