7/19/2016

Stroke adalah penyakit yang dialami seseorang karena pasokan darak ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga banyak sel yang mati pada sebagian area diotak. Ketika seseorang mengalami stroke harus segera mendapatkan penangana yang cepat. Karena jika segera ditangani akan mencegah kematian sel semakin besar yang dapat menimbulkan kematian.

Oleh sebab itu kita harus tanggap mengenali gejala stroke sejak dini, hal ini dapat membantu orang lain atau bahkan jika kita sendiri yang mengalaminya. Apa saja yang harus diketahui mengenai gejala stroke?

Berikut adalah 12 tanda-tanda gejala stroke

Sakit kepala
Sakit kepala bisa merupakan tanda berbagai macam penyakit yang terjadi pada tubuh salah satunya adalah gejala stroke, jika seseorang sudah memiliki gejala stroke dia akan mengalami sakit kepala secara tiba-tiba dan sangat menyakitkan. Jika anda menglami sakit kepala sebaiknya jangan diabaikan.

Pandangan menjadi kabur
Stroke dapat membuat pandangan mata penderita menjadi kabur atau bahkan hilang. Namun, gejala stroke yang satu ini sering diabaikan oleh banyak penderita stroke serta tidak menganggap hal tersebut sebagai indikasi stroke.

Sulit dimengerti bahasa yang diucapkan
Hal seperti ini dapat terjadi dan disebut juga sebagai gangguan bahasa atau afasia disorder. Penderita stroke seringkali menggunakan bahasa yang sulit dipahami oleh pendengarnya atau menggunakan bahasa yang berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Hilang keseimbangan
Jika merasa pusing, mual, serta sulit berjalan, kebanyakan orang mungkin berpikir sedang dalam keadaan mabuk. Namun pusing yang terjadi tiba-tiba itu sebenarnya adalah salah satu indikasi gejala stroke.

Lengan atau kaki menjadi lemas
Gejala strok akan ditandai pada motorik, biasanya seorang yang mengalami gejala stroke lengan ataupun kaki tiba-tiba akan lemas bahkan mati rasa.
Cara tes:
Angkat tangan sejajar rata-rata air, dengan posisi telapak tangan menghadap keatas selama sekitar 10 detik
jika salah satu tangan terjatuh artinya salah satu otot mengalami pelemahan yang merupakan gejala stroke. 

Nyeri
Gejala stroke yang satu ini pada dasarnya bukan gejala yang selalu muncul pada penderita stroke. Namun, Anda harus waspada apabila nyeri muncul pada bagian lengan, kaki, ataupun setengah bagian dada atau wajah.

Enggan mengambil barang yang jauh
Mungkin gejala yang satu ini tergolong biasa saja, namun hal ini terjadi karena syaraf tubuh sudah tidak lagi normal dan menganggapnya semua bidang tersebut adalah datar.

Kelelahan
Meski sedang tidak melakukan aktivitas berat, kelelahan dapat terjadi. Hal ini karena penderita stroke menunjukkan gejala lelah yang berlebihan serta perubahan mental.

Ekspresi wajah
Ekspresi wajah yang mengalami pelemahan dapat menandakan salah satu gejala stroke. Biasanya ahli medis meminta pasienya untuk tersenyum sambil menunjukkan gigi. Apabila tidak ada gerakan ada indikasi pasien mengalami stroke.

Cegukan
Cegukan mungkin sering terjadi pada diri Anda. Namun, jangan terlebih dahulu Anda menyangkutkan bahwa cegukan yang Anda alami adalah salah satu gejala stroke. Sebab stroke dapat memengaruhi fungsi kinerja otak yang mengurus pernapasan, khususnya pada perempuan.

Kehabisan nafas
Sulit bernapas meski tidak sedang berlari ataupun sedang melakukan aktivitas fisik? Jika iya, bisa jadi hal tersebut menjadi gejala stroke yang harus diwaspadai.

Sulit berhitung
Penderita stroke tidak dapat berpikir secara logika serta susah dalam mengurutkan angka. Hal ini dapat membuat penderita stroke sulit dalam berhitung walaupun dari hitungan yang sederhana saja.

itulah 12 tanda gejala stroke yang harus kita kenali., dengan mengetahuinya sejak dini kita bisa mencegah dari awal dan itu lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini