8/19/2016

Bagi kita yang belum biasa melakukan perjalanan jauh dengan mobil atau baru pertama kalinya kadang kita kurang peka bagian apa saja yang perlu dicek dari mobil yang akan kita kendarai. Kondisi kendaraan yangv prima selain memberikan kenyamanan juga menyangkut pada keselamatan berkendara kita.

Jika anda sama sekali tidak tahu mengenai mobil kita bisa meminta bengkel untuk melakukan pengecekan beberapa hal berikut :



Periksa oli mesin. 
Pastikan oli mesin masih bagus dan volumenya cukup. Cara mengecek oli mesin kita bisa melihat dari stik pada tutup oli, volume yang harus dipenuhi adalah pada garis antara L dan F, jika dibawah itu oli harus kita tambahkan.


Periksa air radiator dan air reservoir. 
Periksa air radiator, pastikan air radiator dalam keadaan penuh, Cara mengecek air radiator dinginkan dulu mesin dan radiator jangan membuka tutup radiator dalam keadaan panas sangat berbahaya. Lalu buka rurup radiator pastikan air penuh sampai ujung.
Jika air radiator penuh cek juga air reservoir, atau sering dibilang tangki radiator, atau tabung cadangan air radiato. Air reservoir tidak perlu penuh cukup sampai batas garis full.
sebagai tambahan cek juga kipas pendingin Periksa putaran kipas Pendingin. Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Bila belt telah retak-retak, maka layak untuk diganti. 
Cara mengecek pedinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperature. Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman, kalau lebih dari setengah sebaiknya anda berhenti, tunggu sampai mesin mobil dingin. Selanjutnya periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Accu
Periksa kutub aki, pastikan dalam keadaan bersih, pastikan juga air aki dalam keadaan terisi sesuai garis batas maksimal. 

Cek kondisi ban
Ceks kondisi ban, apakah ada luka bekas benda tajam atau tidak, pastikan kembang dalam ban masih bagus jangan sampai ban dalam kondisi tipis. Cek tekanan udara dalam ban, pada umumnya tekanan ban sekitar 30psi depan - 35psi belakang. Jika band dalam kondisi tidak baik akan beresiko ketika ada masalah ketika kita berkendara di jalur cepat.

Cek seluruh lampu & Klakson
Lampu dan klakson merupakan alat komunikasi dengan kendaraan lain, jadi pastikan lampu dan klakson dalam kondisi baik.

Sopir
Ketika akan berkendara sopir memegang peranan penting, pastikan dalam kondisi sehat dan fit

Sekali lagi kami tekankan, untuk keamanan dan keselamatan berkendara patikan cek hal-hal diatas, jika perlu konsultasikan pada bengkel anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini