7/05/2016

Membersihkan noda di karpet bukan sebuah perkara sederhana, apalagi jika karpet yang kita miliki memiliki warna terang. Noda yang melekat pada karpet sangat sulit sekali untuk dibersihkan bahkan untuk mencucinya pun akan memakan waktu yang cukup banyak. Oleh sebab itu kita membutuhkan cairan pembersih karpet, jadi jika sewaktu-waktu karpet kesayangan terkenan noda kita bisa dengan segera untuk membersihkannya, selain bersih juga lebih mudah dengan menggunakan cairan yang kita bikin secara kusu.

Peralayan yang kita butuhkan untuk membuat cairan pembersih karpet:

1 buah botol semprotan yang sudah dibersihkan
1 buah corong untuk menuang
1 cangkir air bersih
½ cangkir cuka putih
1 sendok teh garam dapur
8-10 tetes minyak esensial (bisa lavender, lemon, dan lainnya).


 Cara membuat cairan pembersih karpet :

Tuangan kan 1 cangkir air bersih dan 1/2 cangkir cuka putih.
Lalu tuangkan satu sendok teh garam dapur kedalam botol yang sudah terisi air dan cuka putih.
Tambahkan  10 tetes minyak esesnsial setelah itu tutup botol seprot goyangkan botol supaya semua larutan tersebut bisa tercampur rata.


Sampai di sini kita telah memiliki cairan perbersih karpet buatan sendiri yang aman dipakai dan ampuh untuk membersihkan karpet.
Cuka  memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda dengan sangat baik.itulah kenapa cuka sangat pening dalam pembuatan cairan pembersih. Namun sayangnya cuku memiliki bau yang sangat kuat sehingga kita harus menyamarkan dengan air.
Garam memiliki kandungan senyawa pengikat noda. Namun untuk noda-noda yang sangat sulit hilang seperti jus, menaruh garuh di permukaan karpet yang kotor dapat sangat membantu mengusir bekas jus. Garam tersebut dapat menyerap sisa cairan dan menyamarkan noda sebelum dibersihkan dengan menggunakan cairan penghilang noda. Biarkan garam mengering di atas karpet, lalu bersihkan dengan penyedot debu, selanjutnya semprotkan pembersih karpet.
Kegunaan minyak esensial dalam pembuatan cairan pembersih karpet ini adalah menghilangkan bau dan bakteri pada karpet yang terkena noda. Sebagai catatan, jangan gunakan minyak esensial yang memiliki warna (biasanya minyak esensial dengan wangi jeruk). Bukannya makin bersih, karpet malah akan semakin berwarna dan menghambat efek dari cairan pembersih.

Cara membersihkan karpet dengan cairan pembersih buatan sendiri :

Serap bagian karpet yang terkena noda dengan lkain lap atau tisu, jangan digosok atau di usap, tapi cukup serap dengan sara di tekan
Jika ada vakum cleaner hisap noda dengan fakum cleaner
Semprotkan cairan pembersih karpet pada sisa noda secara merata  (sebelum dan disela-sela penyemprotan kocok botol pembersih)
Lalu biarkan bagian yang kita semprot tersebut mengering, setelah mengering bersihkan dengan lap atau sedot dengan vacum cleaner

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini