12/11/2014

12/11/2014
7 manfaat daun pisang perlu Anda ketahui karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, daun pisang juga berkhasiat untuk menyembuhkan demam pada anak-anak yang menderitanya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membaca artikel ini untuk menambah pengetahuan atau wawasan, khususnya mengenai khasiat dari berbagai tumbuhuhan yang bersifat herbal atau alami di Indonesia.
Berikut akan diinformasikan 7 manfaat daun pisang yang mungkin belum Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, becalah sedikit uraian di bawah ini.
Pertama, sebagai pembungkus makanan. Hingga sekarang, masih banyak makanan dan masakah tradisional yang dibungkus dengan daun pisang. Mengapa memilih dibuntkus dengan daun pisang? Alasannya, daun pisang mengandung zat yang bernama polifenol yang cukup banyak. Zat tersebut juga terdapat pada daun teh, sehingga membuat aroma teh sangat wangi. Begitu juga daun pisang, makanan dan masakan yang dibungkus dengan daun pisang akan membuat aromanya lebih terasa dengan cita rasa yang lebih enak dibanding dibungkus dengan bahan lain, seperti kertas atau plastik.
Kedua, membuat makanan atau masakan lebih tahan lama. Jangan heran jika masih banyak orang yang menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan atau masakannya. Pasalnya, daun pisang membuatnya lebih tahan lama. Misalnya, tempe yang dibungkus dengan daun pisang akan lebih tahan lama dan tidak cepat membusuk.
Ketiga, sebagai penutup hidangan di meja makan. Biasanya, berbagai makanan dan masakan lengkap untuk makan bersama siap disajikan di meja makan atau di tempat tertentu. Nah, tutupilah makanan dan masakan tersebut dengan daun pisang agar cita rasanya lebih terasan dan tahan lama. Dengan begitu, saat disantap makanan dan masakan tersebut masih segar.

Keempat, untuk menurunkan demam pada anak-anak. Perlu Anda keetahui bahwa daun pisang yang masih muda dapat menurunkan demam pada anak-anak. Caranya, ambil selembar daun pisang yang masih muda, kemudian oleskan munyak kelapa pada permukaannya. Selanjutnya, tempelkan daun tersebut di bagian dahi, leher, perut, dan punggung pada anak yang menderita demam. Tunggu sekitar 30 menit agar khasiatnya meresap ke dalam tubuh. Cara ini sudah turun temurun dipercaya untuk menurunkan demam pada anak-anak.
Kelima, sebagai pelengkap untuk acara keagamaan. Di beberapa daerah, masih ada upacara keagamaan tertentu yang memakai sesaji dengan berbagai makanan yang dibawa dan dipersembahkan untuk Yang Maha Kuasa. Biasanya, daun pisang dijadikan alas atau penutup untuk makanan pada sesaji tersebut. Masyarakat tradisional yang tinggal di pedesaan atau lereng-lereng pegunungan masih melakukan hal tersebut.
Keenam, untuk dibuat mainan. Beberapa mainan tradisional khususnya di pulau Jawa masih menggunakan bahan dasar dari daun pisang. Biasanya, mainan tersebut dibuat sangat sederhana dengan bentuk, seperti orang-orangan, kendaraan, baju, dan lain sebagainya.
Ketujuh, sebagai payung saat musim hujan. Sifat daun pisang yang kedap air, mebuat sebagian orang memanfaaykannya sebagai payung di musim hujan. Masyarakat tradisional yang tinggal di pedesaan masih banyak yang memenfaatkan daun pisang sebagai payung. Pasalnya, untuk mendapatkannya sangat mudah dan gratis.

Begitu banyak manfaat dari sebuah tanaman yang tumbuh di Indonesia. Hanya satu tanaman saja, tetapi khasiatnya sangat beragam. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia patut berbangga karena hidup di tengah tanah yang subur dengan berbagai tanaman alami yang tumbuh di sekitar kita. Seperti halnya 7 manfaat daun pisang.



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini