7/13/2014

7/13/2014
Makanan pedas merupakan salah satu daya tarik untuk meningkatkan selera makan kita, bahkan perkembangannya makanan pedas bukan hanya menjadi konsumsi orang dewasa, bahkan anak-anak pun ikut mengkonsumsi makanan pedas meski dalam skala yang lebih kecil. Bahkan makanan pedas membuat orang menjadi ketagihan. Bahkan ketika ada kemasan produk atau tempat kuliner yang menampilkan gambar cabe bisa menarik selera kita.



Alasan Kenapa Cabe Pedas??
Cabe memiliki rasa pedas karena mengandung capsaicin semacam minyak yang menyengat indra pengecap kita sehingga lidah kita merasakan panas atau pedas. Dan kabar baiknya rasa pedas yang ditimbulkan oleh capsaicin ini bisa meningkatkan selera makan kita.
Dimanakah bagian pada cabe yang mengandung capsaicin? Capsaicin berada di dalam cabai, jika kita potong cabai kita akan menamukan bagian putih tempat biji cabai menampel, disitulah bagian cabe yang mengandung capsaicin. 


Cara Menghilangkan Kepedasan
Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa pedas yang efektif dan mudah.
Mengkonsumsi Susu
Kadungan lemak atau protein pada susu bisa menetralisir rasa pedas, jadi dengan mengkonsumsi Susu, Es Krim, Keju dan minuman lain yang mengandung susu. bisa menghilangkan rasa pedas.
PEINGATAN, jangan mengkonsumsi berlebihan

Nasi
Nasi bisa menyerap rasa pedas yang ada pada lidah kita, jika kita merasa pedas kita bisa makan beberapa sendok nasi hangat.

Kacang & Garam
Belum ada keterangan mengenai hal ini, namun pernah salah seorang penjual nasi angkringan memberikan cara ini kepada kami dan hasilnya emang manjur

Air Hangat
Untuk mengatasi kepedesan biasanya kita minum air es, memang ketika itu rasa pedas hilang tapi setelah berhenti minum rasa pedas kembali lagi. Justru air putih hangat yang bisa menghilangkan rasa pedas.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan jeruk lemon bisa menghilangkan rasa pedas, tapi dari pengalaman beberapa orang justru jeruk lemon bisa menambah rasa pedas 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini