-->

7/14/2014

Kopi Joss Jogja Kopi Pake Arang

Jika kita berwisata ke jogja sempatkan menikmati pemandangan malam sambil menikmati kopi joss atau kop arang khas jogja dibelakang stasiun. Jika kita belum sempat berkunjung ke kota jogja tidak ada salahnya anda untuk mencicipi rasa khas kopi joss dirumah kita. 
Apakah Kopi Joss itu??
Kopi joss atau kopi arang merupakan salah satu kayaan kuliner khas Jogja. Kopi Joss adalah kopi hitam manis yang dicelup arang panas yang masih menyala, yang bisa kita jumpai diangringan-angkringan jogja. Nama Kopi Joss sendiri diambil dari ilustrasi suara arang panas ketika dicelupkan kedalam kopi, yang akan menimbulkan bunyi seperti kata Jos!!!
Cara Membuat Kopi Joss/ Kopi Arang
Untuk menikmati kopi joss dirumah kita hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan berikut ini.
Kopi Hitam 1 Sdm 
Kopi joss lebih khas dengan kopi bubuk standar Indonesia, yaitu kopi yang memiliki rasa pahit atau kopi yang proses 'gongso' lebih matang dibanding kopi hitam luar yang rasa kecutnya lebih kuat, tapi tidak masalah jika kita lebih suka kopi luar.
Air Panas 1 Gelas
Gula Pasir Sesuai Selera
Arang
Arang yang kita gunakan arang yang masih baru


Proses Pembuatan Kopi Joss
Rebus Air sampai mendidih,
Tuangkan Kopi dan gula kedalam panci rebus, aduk kopi dan gula sampai rata (masih dalam rebusan)
Tuangkan Kopi kedalam gelas
Bakar arang sampai kira-kita merah menyala
Masukan Arang kedalam kopi

Arang yang sudah kita pakai tidak boleh kita gunakan lagi untuk membuat kopi joss, kami sendiri tidak tahu kenapa tapi jika kita gunakan lagi pastikan arang dalam kondiri kering.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post