7/10/2014

7/10/2014
4
Kerupuk sebagai instrumen tambahan dalam menyantap hidangan, sangat di gemari masyarakat Indonesia,  ada masyarakat yang makan tanpa kerupuk rasanya ada yang kurang, bahkan banyak masyarakat Indonesia hanya makan nasi dengan lauk kerupuk plus sambal terasi saja sebagai pilihan menunya.
Beberapa Jenis Kerupuk Yang di gemari Masyarakat Indonesia
Kerupuk Udang
Tepung tapioka dengan campuran udang membuat kerupuk udang memiliki aroma khas udang bentuknya lebar tipis.
Kerupuk Gendar
Kerupuk gendar memiliki bahan dasar dari nasi yang ditumbuk dengan bumbu rempah
Kerupuk Terung
Kerupuk terung atau kerupuk blek, kerupuk ini merupkan kerupuk paling nasional, kerupuk terung sangat populer dikalangan masyarakat kita, selain itu juga mudah ditemukan diberbagai daerah.
Kerupuk Pasir
Kerupuk pasir atau disebut kerupuk taiyamum, memiliki keunikan cara mengolahnya. jika kerupuk lainya digoreng dengan minyak, kerupuk pasir digoreng dengan pasir. Cara mengolahnya menjadikan keunggulan kerupuk pasir yaitu rendah kolesterol.


Kerupuk Bawang
Kerupuk bawang bentuknya yang kecil-kecil dan memiliki aroma khas bawang, karena bentuknya yang kecil-kecil kerupuk bawang dan kerupuk pasir kadang menjadi camilan.
Selain jenis-jenis tersebut Indonesia memiliki berbagai jenis kerupuk lainya sepeti kerupuk tahu, kerupuk emping yang terbuat dari melinjo, kerupuk jengkol, kerupuk ceker dll
Namun yang kadang menjadi kendala bagi penggemar kerupuk adalah cara menyimpan sehingga kerupuk tetap renyah,ada cara untuk menyimpan kerupuk agar tetap awet kerenyahanya atau tidak melempem.
Cara Menyimpan Kerupuk
Secara harfiahnya untuk membuat kerupuk tetap awet renyah kita harus menyimpan ditempat yang kedap, Seperti ditoples atau dibungkus plastik. Agar tetap awet renyah sebaiknya disimpan di toples dan diberi alas kertas untuk menyerap minyak sekaligus menjaga kelembapan udara. Tapi bagaimana jika kerupuk yang kita simpan sudah melempem? Ada cara untuk mengembalikan kerenyahan kerupuk.  
Cara Mengembalikan Kerupuk Melempem Menjadi Renyah
Untuk mengembalikan kerenyahan kerupuk sangat mudah sekali, siapkan plastik yang bersih. masukan kerupuk kedalam plastik lalu ikat kuat. Setelah itu simpan kerupuk kedalam freezer atau almari es. Dengan cara sederhana ini kerupuk yang melempem bisa kembali renyah.

Comments
4 Comments

4 komentar:

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini