6/16/2014

6/16/2014
Serangan nyamuk pasti kita semua pernah mengalaminya. Selain mengganggu nyamuk bisa dikatakan tergolong berbahaya. Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh nyamuk menurut Jhonny
1. Bahaya nyamuk yang paling disadari orang, seperti bisa menimbulkan infeksi kulit, penyebaran virus dll
2. Bahaya nyamuk yang jarang kita sadari yaitu menurunya kualitas tidur kita dan berimbas pada aktifitas kerja kita.
Kedua hal tersebut sudah pernah dialami oleh penulis yang kebetulan tinggal didaerah laut. 
Berikut beberapa cara untuk mengatasi serangan nyamuk yang biasa dilakukan

1. Menutup Akses Masuknya Nyamuk
Biasanya langkah yang paling awal yaitu dengan menutup akses masuknya nyamuk kedalam rumah, Jhonny pernah mencoba memang tidak terlalu efektif awalnya, tapi ketika kita buka semua akses tersebut maka kita baru sadar ternyata sangat penting menutup akses masuknya nyamuk.
2. Menggunakan Obat Nyamuk
Menggunakan obat nyamuk baik itu bakar, spray cukup membantu kita untuk mengatasi nyamuk.Bahkan cara ini bisa dikatakan cara utama.
3. Menggunakan Raket Nyamuk
Cara yang asik dengan menggunaka raket listrik. Meski sedikit beresiko raket listrik merupakan cara yang asik untuk mengatasi nyamuk.
4. Lotion Anti Nyamuk
Lotion anti nyamuk cukup jitu untuk mengatasi, gigitan nyamuk, terutama ketika kita berada diluar ruangan.
Dalam Atikel ini Jhonny akan berbagi cara yang Jarang kita lakukan namun kami cukup recommended untuk mencobanya, cara cara berikut biasa dilakukan orang jaman dulu sebelum cara diatas belum begitu popular.


5. Membuat Perangkap Nyamuk
Siapkan beberapa bahan berikut
- Botol Plastik ukuran kurang lebih 1,5 liter
- Gula Merah/ Gula Jawa/ Gula Aren kurang lebih 50 gram
- Air 200ml
- Ragi 1 gram
Untuk mendapatkan ragi kira bisa membelinya ditoko bahan roti

Cara membuatnya



Potong botol plastik seperti pada gambar diatas, tuangkan air 200 ml, dalam kondisi hangat kedalam potongan botol, lalu tuang gula merah, aduk sampai rata.



 Taburkan ragi dan jangan diaduk, biarkan dia tertabur dai atas larutan gula merah, lalu kita pasang ujung botol seperti gambar diatas, sebagai perangkap.



setelah itu tutup jebakan nyamuk dengan apapun yang berwarna gelap atau hitam.
Pasang perangkap di tempat yang banyak nyamuk. kira-kira biartkan selama dua minggu

6. Membuat Pengusir Nyamuk

Cara untuk membuat pengusir nyamuk sangat mudah sekali, cukup dengan jeruk dan cengkeh, karena kombunasi keduanya menimbulkan bau yang tidak disukai nyamuk.
Siapkan jeruk nipis atau jeruk lemon dan cengkeh, lalu cukup tancapkan cengkeh seperti pada gambar.
Setelah itu kita bisa meletakanya di tempat yang kita inginkan.
Aroma jeruk lemon sangat tidak di sukai nyamuk, bahkan nyamuk bisa mati jika terkena. Cara ini bahkan sudah di kembangkan oleh dua mahasiswa Univeritas Ahmad Dahlan, dengan mengembangkan pengolahan limbah kulit jeruk dan minyak cengkeh diolah menjadi obat nyamuk.
7. Pengganti Lotion Anti nyamuk
Biasanya jika kita berada diluar ruangan kita memilih lotion anti nyamuk, bukan hanya di luar ruangn, bahkan di dalam rumahpun kita menggunakan lotion anti nyamuk. Lotion anti nyamuk sebenarnya bisa kita ganti dengan minyak serai. Bukan hanya diolesan saja, kita bisa menggunakan minyak serai dengan mencampurkan pada air pel ketika sedang mengepel lantai.
8. Pengganti Raket Nyamuk
Raket nyamuk kalau kami bilang kurang efektif untuk mengusir nyamuk namun cara ini memiliki keasikan sendiri. Pada jaman dahulu sebelum ada raket nyamuk kita biasa menggunakan tutup panci yang dioles dengan minyak goreng.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini