7/08/2016

Uban selalu identik dengan usia 50 tahun keatas, namun beberapa orang terkejut pada usia 20an sudah mulai tumbuh uban, meskipun uban di identikan dengan orang yang bijaksana, dewasa dll, tentunya itu hanya mitos. Dan yang pasti tumbuh uban diusia muda bagi semua orang yang mengalaminya akan merasa risih.

Uban yang tumbuh diusia muda tidak akan bisa untuk dihilangkan kecuali ditutup dengan cat rambut. Namun yang bisa kita lakukan adalah mencegah supaya tidak bertambah banyak. Cara yang ampuh supaya uban tidak bertambah banyak adalah kita mengetahu penyebabnya dan kita hindari hal-hal yang menyebabkan tumbuhnya uban diusia muda. Berikut ini adalah penyebab tumbuhnya uban diusia muda

14 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

1. Penyakit tiroid
Penyakit tiroid diakibatkan oleh berlebihnya atau kurangnya Tiroid yang salah stu fungsinya mengatur pembakaran energi dalam tubuh. Kekurangan atau kelebihan tiroid akan akan mempengaruhi produksi melanin pada rambut dan menghasilkan uban. Untuk lebih pastinya kita harus memeriksa kadar tiroid jika tiba-tiba muncul uban.

2. Kekurangan vitamin B12
Vitamin B12  merupakan salah satu suplemen yang dibutuhkan tubuh yang memiliki fungsi diantaranya

  • Membantu produksi energi
  • Mengatur Sistem syaraf yang sehat
  • Melindungi kita terhadap penyakit jantung
  • Kesehatan kulit
  • Mengurangi resiko berbagai jenis kanker

Vitamin B12yang menghasilkan seng dan tembaga berperan memberi makan untuk rambut. Oleh karenanya. Biasanya para Vegetarian membutuhkan asupan vit B12 lebih banyak.

3. Genetik
Alasan lain tumbuhnya uban prematur pada rambut yaitu karena genetik. Jika orang tua anda pernah mengalami kelainan ini, kemungkinan besar akan diturunkan kepada anda.

4. Vitamin C dan E
Kekurangan vitamin C dan E biasanya rambut akan berwarna abu-abu. Karena ketika kita kekurangn vitamin C dan E akan kekurangan sel-sel yang bertugas memproduksi melanin sehingga menyebabkan rambut beruban.

5. Merokok
Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok. Radikal bebas tersebut nantinya akan menurunkan tingkat melanin.

6. Makanan cepat saji
Seperti halnya rokok, makanan cepat saji menghasilkan radikal bebas. Biasanya orang yang kecanduan Junkfood akan mudah tumbuh uban diusia muda.

7. Stres
Stres memang terbukti berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah rambut rontok dan rambut beruban prematur. Segala bentuk guncangan batin, seperti syok, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin.

8. Diet yang salah
Penyebab lain munculnya uban yaitu penerapan diet yang tidak seimbang. Ketika tubuh anda tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tepat, salah satunya vitamin B12, maka fungsi tubuh anda tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut beruban.

9. Penggunaan hair dryer dan catok rambut secara berlebihan
Jika anda terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok rambut, hal ini dapat membuat batang rambut anda menjadi lemah. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban prematur.

10. Kondisi kulit kepala yang kotor
Kurang menjaga kebersihkan kulit kepala sehingga kulit kepala berminyak dan sensitif ternyta bukan hanya menyebabkan timbulnya ketombe, namun juga menyembakan tumbuhnya uban.

11. Pewarnaan rambut
Sering menggunakan pewarna rambut akan merusak sel-sel melanin yang mengakibatkan tumbuhnya uban. Jadi ketika menggunakan cat rambut untuk menutup uban justru membuat semakin banyak uban tumbuh pada rambut.

12. Ketidakseimbangan hormon
Perubahan hormon sangat berperan untuk menentukan kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal yang signifikan dalam tubuh seperti kehamilan atau penyakit tiroid dapat menyebabkan tumbuhnya uban prematur.

13. Menopause dini
Wanita yang mengalami menopause dini beresiko beruban prematur dan mungkin memerlukan penanganan medis.

14. Kekurangan asam folat
Asam folat sangat penting bagi tubuh manusia. Kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut anda, namun juga bisa menyebabkan rambut anda berubah warna menjadi abu-abu.

Jika kita memiliki uban ada 14 gambaran penyebab mana yang kira-kira ada pada diri kita, bisa kita perhatikan dari kebiasaan kebiasaan kita atau bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini