7/12/2016

Bagai mana cara mengemudikan mobil matic, bagi beberapa orang yang terbiasa menggunkan mobil dengan transmisi manual tidak tahu cara menggunakan mobil matic.
Namun sebelum mengulas cara mengemudikan mobil matic kita perlu memahami beberapa hal terkait pengoperasian mobil matic ini.

Poin pertama, di Indonesia umumnya jenis transmisi matic yang disematkan pada mobil berbasis planetary gear set dengan perpindahan percepatan otomatis secara bertingkat (AT/Step AT) dan CVT (continuously variable transmissions).
Poin kedua, untuk transmisi otomatis jenis CVT umumnya tidak dilengkapi tombol overdrive (OD). Adapun untuk Step AT/AT, fasilitas tombol OD ada yang terletak di tuas pemindah gigi atau untuk beberapa produsen mobil tertentu seperti Toyota, menonaktifkan OD cukup dengan menggeser tuas ke posisi 3.

Poin ketiga, tidak semua mobil matic dilengkapi pilihan mode pengoperasin Economis dan Power.

Poin keempat, beberapa mobil matic dengan tipe tertinggi di kelasnya, atau mobil-mobil kelas menengah dan premium, dilengkapi dengan pilihan pengoperasian manual matic (tiptronic atau istilah lainnya).

Poin kelima yang tidak boleh dilupakan, setiap kali Anda menggeser tuas transmisi ke posisi tertentu, tidak semua pergeseran tuas berlangsung secara bebas. Ada kalanya untuk pilihan gigi/mode pengoperasian tertentu, saat tuas digeser terasa nyangkut, dan Anda perlu memencet knob pada batang tuas agar tuas bebas digerakkan. Tapi yang menjadi catatan, saat mobil melaju dan Anda menggeser tuas dan mentok/nyangkut, Anda perlu waspada. Jangan begitu saja langsung menarik knob saat mobil jalan. Produsen transmisi mendesain itu untuk mencegah perpindahan tuas yang tidak diinginkan, atau tidak sesuai kebutuhan dan berpotensi merusak unit transmisi.

sumbaer http://kompasmatic.com/2015/02/19/7-langkah-mengemudikan-mobil-matic-yang-benar/





Cara Mengemudikan Mobil Matik
Sebagai dasar kita bisa melihat gambar transmisi mobil matik diatas.

Step 1 cara mengemudi mobil matic
Pastikan tuas transmisi dalam posisi P (parkir), atau N (netral) lalu kita hidupkan mesin dan tunggu beberapa saat supaya mesin mobil mencapa suhu yang optimal. jika posisi tuas berada di posisi lain kita tidak akan bisa menyalakan mesin mobil matic, hal ini merupakan kelebihan dari mobil matic. Berbeda dengan mobil Transmisi manual meskipul dalam posisi gigi masuk mesin bisa dinyalakan.

Step 2 cara mengemudi mobil matic
Injak pedal rem untuk setelah itu pindah posisi tuas ke posisi :
D (Drive) untuk mengemudi
R (Retreat) untuk mundur
Perlu di perhatikan setiap memindahkan gigi injak pedal rem, lalu lepas rem perlahan mobil akan jalan dengan kecepatan rendah, 
untuk menambah kecepatan tiggal injak pedal gas.
Jika sudah jalan normal untuk pengemudian di lokasi dalam kota kita tingga mengatur gas dan rem saja.

Step 3 cara mengemudi mobil matic
Namun ketika harus melalui jalan menanjak transmisi D tidak bisa menjangkau, pidah ke transmisi
S (untuk gigi sedang )
L (untuk gigi tinggi)
namun ada juga mobil matik memberi tanda dengan 
2 (untuk gigi sedang)
1 (untuk gigi tinggi)
untuk memahaminya mudah posisi tuas di bawah D memiliki fungsi yang sama meski kodenya berbeda-beda pada tiap mobil.


Sangat mudah mengendarai mobil matik, beberapa orang merasa seperti mengendarai mobil mainan, namun jika anda masih baru belajar setidaknya sampai pada step 2 saja untuk bagian lain anda akan paham dengan sendirinya. Selamat mengemudi matic dan patuhi aturan lalulintas.

  1. 100 Tips Life Hack
  2. Cara memutar video mp4 ke tv mobil
  3. Kenapa kita harus menggoyang kendaraan - 4 tips mengisi Bensin
  4. Kumpulan Tips Unik 1
  5. Kumpulan Tips Unik 2
  6. Manfaat WD 40 yang belum diketahui orang banyak -
  7. Membersihkan kaca lampu mobil yang kusam
  8. Mobil ini bisa bergeser ke kanan dan kiri bahkan berputar 360 derajat
  9. membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini