6/05/2016

Akhir akhir ini banyak himbauan dari pemerintah agar kita lebih waspada saat membeli daging sapi, beberapa kasus yang ditemukan adalah daging sapi busuk yang sudah disamarkan. Namun yang tidak kalah harus diwaspadai adalah daging sapi palsu, daging sapi palsu adalah daging celeng yang samarkan oleh oknum pedagang. Modus yang dilakukan oleh pedagang adalah memajang daging celang yang sudah dipotong sehingga seolah-olah nampak seperti daging sapi. Bahkan untuk menyamarkannya para oknum pedagang melumuri daging celeng dengan darah sapi.

Sebagai konsumen kita harus jeli dan hati-hati saat memebeli daging sapi di pasar. Sebelum kita membedakan daging sapi dan daging celeng kita harus mengetahui ciri-ciri daging sapi yang baik.

Berikut ciri-ciri daging sapi Segar

Warna Daging
Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor.

Tekstur Daging
Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar.
Hal ini berbeda dari daging yang busuk dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan.

Bau / Aroma
Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

Tidak Berair
Jika Anda membeli daging mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut.

Setidaknya empat hal diatas memberi gambaran pada kita mengenai ciri-ciri daging sapi yang baik dan segar. Dan yang harus diwaspadai adalah daging celeng yang disamarkan sebagi daging sapi. Terlepas dari keyakinan umat muslim haram mengkonsumsi daging babi, namun yang jelas daging babi sangat tidak baik untuk dikonsumsi.


Berikut Cara membedakan daging sapi dengan daging babi

Perbedaan Warna daging sapi dengan daging babi


Daging Sapi : Berwarna Merah
Daging Babi : Warna daging babi pucat
Seperti yang kita ketahui warna daging sapi sangat merah, dan ketika kita melihat daging sapi berwarna pucat sebaiknya kita hindari, ada kemungkinan itu dalah daging yang tidak segar atau itu dalah daging babi.


Perbedaan Serat Daging Sapi dengan Daging Babi
Daging Sapi : Memiliki Serat lebih kasar atau lebih nampak seratnya
Daging Babi : Memiliki tekstur serat yang tipis dan renggang
Daging sapi selain memiliki serat yang sangat terlihat jelas ketika kita tarik lebih keras dan kembali, berbeda dengan daging babi serat daging babi selain renggang, daging babi sangat mudah direnggangkan karena lebih elastis.


Perbedaan Lemak Pada daging sapi dan daging Babi
Daging sapi : Memiliki lemak yang elastis dan agak kering
Daging Babi  : Basah dan lengket
Perbedaan terlihat pada tingkat keelastisanya, daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sedangkan lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Lemak babi sangat basah dan sulit dilepaskan. Sedangkan lemak daging sapi agak kering dan berserat 

Perbedaan Aroma Daging Sapi dan Daging Babi
Selain dari 3 hal diatas bau daging sapi aroma daging sapi anyir seperti yang kita ketahui selama ini. Dan daging babi memiliki aroma khas. Bagi orang yang tiak terbiasa sangat sulit membedakanya apalagi jika sudah dicampur darah daging sapi.

Setidaknya empat hal diatas memberikan wawasan pada kita mengenai perbedaan daging sapi dan daging babi. Jika informasi ini bermanfaat sebaiknya bantu sebarkan. 
Apabila kita menemui pedagang yang menjual daging sapi dengan ciri-ciri mencurigakan sebaiknya laporkan pada petugas, biarkan petugas pemerintahan yang melakukan pemeriksaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini