2/26/2015

Tahukah Anda apa saja makna warna dalam komunikasi visual? Dalam berkomunikasi memang kita menggunakan berbagai cara mulai dari isyarat, bahasa tubuh atau pun visual dan masih banyak lagi. Biasanya bahasa visual digunakan oleh perusahaan untuk menarik perhatian ketika melakukan komunikasi kepada pelanggan. Tujuannya untuk membuat pelanggan melihat iklan tersebut, tertarik dan membeli produk yang diiklankan. Dengan begitu meledaknya omset sangatlah diharapkan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Semuanya akan dapat terjadi jika komunikasi visual yang diberikan dapat diberikan serta ditangkap dengan baik kepada para pelanggan. Banyak orang yang kurang mengetahui mengenai makna warna dalam komunikasi. Namun jangan khawatir jika Anda ingin mengetahuinya akan dijelaskan melalui artikel berikut ini. Didalam artikel ini akan lengkap terpapar dengan jelas dan juga detail mengenai warna sebagai sarana untuk melakukan komunikasi.
Adapun makna warna dalam komunikasi visual yaitu
Menarik perhatian
Apabila menggunakan makna warna dalam berkomunikasi secara visual akan lebih memberikan kesan yang mendalam. Hal ini karena seseorang akan memberikan penjelasan masing-masing dan memiliki banyak kata yang ingin disampaikan dibandingkan dengan serangkaian kalimat. Jika menggunakan warna tertentu yang sangat mencolok seperti merah atau kuning maka akan terlihat mengenai komunikasi visual bahwa ingin diperhatikan. Atau jika hal ini adalah sebuah penjualan produk maka arti yang ingin dibangun adalah ingin diperhatikan. Dengan menarik perhatian maka penjualan produk akan mencapai angka yang diinginkan produsen pembuat produk tersebut. Untuk itu Anda dapat gunakan warna untuk menarik perhatian mengenai komunikasi visualnya.
Memiliki karakter
Untuk warna tertentu akan menimbulkan karakter yang berbeda dan juga memiliki sifat yang lain dari pada yang lain. Hal ini terlihat dari jenis warna yang digunakan untuk tampilan sebuah produk, lembaga atau pun yang lainnya. Misalnya saja kita akan mengupas mengenai warna biru yang identik digunakan pada lembaga. Lembaga tersebut tak asal dalam memilih warna untuk dijadikan logo sebuah instansi. Adapun maksud yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai adalah lembaga ini sangat konservatif dan juga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga tersebut. Dalam dunia internasional mengungkapkan dengan warna akan memberikan image yang bagus dan dapat terbaca.
Kesedihan
Ketika seseorang atau perusahaan mengungkapkan kesedihan pun dapat diungkapkan dengan warna. Warna yang biasanya dipakai untuk kesedihan adalah warna hitam. Jenis warna ini juga akan menggambangkan kesedihan. Warna ini jarang digunakan untuk menggambarkan suatu instansi karena dianggap kurang menarik. Namun jangan Anda mengira bahwa setiap negara memiliki cara yang sama untuk mengekspresikan warna. Ada penelitian yang mengatakan bahwa disetiap negara memiliki arti sendiri mengenai warna.
Suci atau bersih
Namun warna yang menunjukkan suci atau bersih adalah warna putih. Untuk itu pilihlah warna putih yang dapat dikombinasikan terhadap berbagai jenis warna untuk keperluan tertentu. Namun pemilihan warna hendaknya disesuaikan dengan jenis pasar yang akan dituju. Jika Anda memilih warna dengan tepat untuk kepentingan instansi maka akan lebih mudah membuat masyarakat kerkesan akan logo tersebut. Jika sudah terkesan akan membuat seseorang menjadi penasaran dan banyak yang mencari tahu mengenai berbagai hal yang ada.
Seimbang atau terjangkau        
Banyak sekali orang yang menggunakan warna orange untuk mengekspresikan produknya. Mengekspresikan produk dapat menggunakan warna orange jika produk tersebut dapat terjangkau atau memiliki nilai nominal yang tidak terlalu mahal. Dengan cara ini akan lebih mengundang banyak orang untuk mendapatkan harga yang dapat dijangkau oleh semua orang. Kesan pertama memang harus ditampilkan karena dapat membuat semuanya terlihat lebih jelas dan juga menarik. Untuk dapat menarik perhatian masyarakat.

Setelah mengetahui mengenai makna warna dalam komunikasi visual sebaiknya Anda memanfaatkan warna ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda berupa lembaga dapat menarik simpati dan rasa penasaran publik untuk selalu menggunakan jasa tersebut. Namun jika Anda perseorangan maka diharapkan akan memberikan hasil yang maksimal karena dapat menarik perhatian pelanggan jika sedang berusaha untuk membuka sebuah usaha.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini