Rahasia Membuat es batu dalam hitungan detik

Tentunya beberapa dari kita pernah melihat beberapa video tayangan youtube yang menampilkan sebuah cara membuat esbatu dengan sangat cepat, hanya dengan sedotan dan garam tiba-tiba air membeku. Caranya mudah sekali seperti gambar berikut


Kurang lebih seperti pada gambar tersebut, caranya sangat mudah sekali, tapi saya yakin anda tidak pernah berhasil.  Sebetulnya cara tersebut adalah sebuah trik sulap yang bisa kita lakukan, bahkan dengan sentuhan jari kita, air pun tiba-tiba membeku. Hal ini terjadi karena air yang di sntuh tersebut sudah dicampur bahan kimia yang bisa menahan proses pembekuan air,
Kita akan bahas lebih sederhana lagi dengan melihat ilustrasi berikut.
Siapkan
- Air
- Sodium Asetat 9 NaC2H3O2) bisa beli di toko bahan kimia


Rebus Air dan campurkan Sodium Asetat secukupnya
Rebus sampai sodium asetat larut dengan air
Tuang Larutan sodium asetat kedalam gelas,
(Pastikan endapan Sodium asetat sudah tersaring dengan baik)
 lalu masukan Pendingan (jangan di Freezer)

Hasilnya akan seperti pada gambar berikut 







Penjelasan Ilmiah Secara Singkat dan Sederhana :

1. Reaksi proses Hidrasi (penambahan air) yang terjadi pada Sodium Asetat adalah reaksi eksotermis, artinya reaksi yang membebaskan kalor dari sistem (larutan) ke lingkungan. Inilah yang menyebabkan es yang terbentuk agak terasa hangat walaupun larutan baru saja didinginkan di lemari es.

2. Bentuk padat sodium asetat "menyerap" tiga molekul air sehingga membentuk senyawa baru bernama Sodium Asetat Trihidrat.

Untuk lebih jelas bisa tanya langsung dengan ahli kimia, setidaknya kita tahu membuat es batu instan sebuh trik 

Peringatan 
Jangan Gunakan Es tersebut untuk minum









7 comments

avatar

apakah artinya ada cara lain untuk membuat es tanpa kulkas?

avatar

Kalo membuat es saja bisa tapi bukan untuk di konsumsi, artikel ini cuma menjelaskan tayangan youtube membuat es dengan garam dalam sekejap itu hanya tipuan kamera atau dengan teknik ini. cuma kalo di minum ya janga :)

avatar

artinya nggak ada ya cara bikin es yang bisa diminum tanpa kulkas?

avatar

kalo pendingin aja ada http://jhonnytips.blogspot.co.id/2014/11/membuat-kulkas-tanpa-listrik.html kalo es batu saya belum pernah tahu, tar kalo ada infonya kita muat deh... Pak

avatar

Makasih juga udah berkunjung di Jhonnytips dan ninggalin komentar, silahkan baca juga artikel lain, kalauo perlu komen dan share

avatar

bagus buat penjelasan nih
karena banyak sekali orang yang sama sekali gak tau kimia ehh... malah posting bikin es pake garam, benar2 menyesatkan.

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini

Click to comment