6/07/2016

Memasang walpaper pada ruangan memberikan sentuhan berbeda pada desain interior rumah kita. Untuk memasang wallpaper rumah. Jika kita ingin memasang wallpaer rumah sendiri kita tidak perlu kawatir caranya gampang. Memang pada dasarnya untuk memasang wallpaper dinding butuh kebiasaan, namun jika kita tahu caranya tidak mustahil untuk memasang sendiri dengan hasil yang rapi.
Peralatan dan Bahan yang perlu disiapkan untuk memasang wallpaper dindin :

Walpaper 
Siapkan walpapper dengan ukuran yang sudah kita sesuaikan dengan ruangan, 
ada dua jenis ukuran wallpaper 1,06 x 15,60 meter dan 0,53 x 10meter silahkan ukur tembok siapkan wallpaper seukuran dinding atau tembok yang akan kita pasang, usahakan lebih karena ada kemungkinan membuang bahan wallpaper untuk menemukan corak motif wallpaper dinding.
Gunting/ Pisau cutter
Gunakan gunting kertas yang tajam atau bisa juga pisau cutter.

Penggaris atau meteran analog
Sebaiknya kita menggukan meteran analog atau roll, karena bisa mengukur antara 15 - 30 m tergantung meteran yang kita pakai.

Kuas Cat
Siapkan kuas cat tembok gunakan ukuran yang besar dan sedang,

Wadah 
Siapkan wadah yang bisa menampung lem wallpaper, 

Lem Walpaper
Kita bisa mendapatkan lem walpaper ditoko bangunan konsultasikan merek dan cara pemakainya. Karena tiap merek berbeda-beda. Jika terlaku kental kita capek untuk mengoleskanya dan akan timbul teksturr gumpalan lem. Jika terlalu encer sulit untuk lengket karena jenis wallpaper tertentu sulit untuk menempel ditembok.

Tangga
Gunakan tangga lipat agar mudah menjangkau dinding

Cara memasang wallpaper dinding #1
Siapkan Lem Wallpaper
Siapkan lem wallpaper, campurkan lem yang masih dalam bentuk serbuk dengan air panas, pastikan aduk sampai rata. Untuk takaranya baca di petunjuk karena setiap merek berbeda-beda.

Cara memasang wallpaper dinding #2
Potong Wallpaper yang akan kita pasang


Potong Wallpaper seukuran dinding, Jangan pasang dibagian pojok tembok langsung (karena ada kemungkinan dinding atau tembok kita miring, ambil sedikit ketengan untuk pemasangan pertama.
Meskipun beberapa tutorial menunjukan memasang dari paling ujung/ pojok dinding

Cara memasang wallpaper dinding #3
Oleskan lem pada Bagian Belakang Wallpaper
Setelah kita potong wallpaper telakkan di lantai yang bersih kita oleskan lem pada bagian belakang wallpaper samapi rata. Lalu kita lipat temukan bagian dalam yang sudah dilem, selain agar mudah membawa walpaper juga lem akan lebih merata. Lalu kita angkat ke lokasi dinding yang akan kita pasang.






Cara memasang wallpaper dinding #4
Tempelkan wallpaper pada dinding

Tempelkan wallpaper pastikan tidak miring lalu ratakan dengan kain lap bersih atau lebih baik dengan sikat, jangan sampai ada udara yang tertinggal.

Cara memasang wallpaper dinding #5
Selanjutnya sama, namun sebelum memotong wallpaper berikut pastikan motifnya ketemu.

Selamat mencoba, awalnya akan sulit namun sekali berhasil selanjutnya akan mudah memasang walpaper dinding sendiri.

Atau lebih jelas lihat video berikut


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini