4/25/2016

Insomnia merupakan masalah serius bagi beberapa orang, insomnia sendiri adalah  gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.  karena istirahat malam sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh , selain itu jika sesorang mengalami insomnia akan berakibat pada terganggunga aktifitas keesokan harinya. 

Penyebab insomnia
Stres 
Mengalami suatu tekanan masalah yang signifikan atau berkepanjangan.
Ketidaknyamanan emosional
Faktor lingkungan seperti kebisingan, cahaya, atau suhu ekstrim (panas atau dingin) yang mengganggu tidur.
Beberapa obat-obatan dapat mengganggu tidur, seperti obat untuk mengobati flu, alergi, depresi, tekanan 
Obat-obatan / alkohol 
Obat-obatan dan alkohol memicu sesorang mengalami gangguan tidur baik itu obat terlarang maupun obat yang kita konsumsi untuk menhilangkan penyakit tertentu.
Depresi
Perasaan tekanan akibat perasaan putus harapan atau kehilangan motivasi menyebabkan insomnia, dan insomnia sendiri bisa menyebabkan depresi dan stres.

>
Cara Mengatasi Insomnia
Jika seseorang mengalami insomnia akut akan semakin sulit untuk bisa keluar, karena istirahat cukup juga merupakan salah satu faktor penting untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Untuk bisa keluar dari masalah gangguan tidur kita bis melakukan beberapahal berikut. 

Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, hal ini mungkin sulit bagi orang yang mengalami insomnia,namun dengan melakukan kebiasaan ini kita telah merancang jam biologis untuk istirahat malam, karena dalam tubuh kita terdapat jam biologis yang berfungsi mengatur waktu aktifitas tubuh kita, seperti rasa kantuk, lapar, produktif dll.
Tingkatkan aktivitas Anda di siang hari
Jika kita kesulitan untuk melakukan hal diatas, kita bisa meningkatkan aktifitas disiang hari, biasanya orang yang mengalami insomnia akan merasa kantuk disiang hari, dengan aktifitas penuh bisa membantu menghilangkan rasa kantuk sekaligus pada malam harinya tubuh akan merasa lelah dan ingin bertistirahat.
Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein
terutama menjelang malam
Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. 
Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur
Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.
Lakukan aktifitas santai sebelum tidur
Jika dalam waktu setengah jam sejak Anda merebahkan diri Anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai Anda mengantuk.
Rancang suasana kamar dalam suasana tidur
Kurangi cahaya dan hidari suara-suara seperti televisi, musik, komputer, namun jika dengan memutar lagu lirih membantu anda untuk tidur bisa kita lakukan dengan volume kecil.
Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini