2/25/2016

KENAPA KITA HARUS MENGGOYANG KENDARAAN SAAT ISI BBM
Beberapa kali terihat di sebuah tempat pengisian BBM orang menggoyang-goyang mobil atau sepeda motor ketika sedang mengisi BBM. Beberapa kai saya tanyakan pada petugas ada yang hanya tersenyum, namun beberapa orang menjelaskan bahwa mereka menggoyang kendaraan agar minyak didalam tangki lebih padat. Namun sampai sekarang kami belum menemukan logikanya kenapa harus digoyang-goyang.

PENJELASAN FISIKA MENGGOYANG KENDARAAN SAAT ISI BBM
Untuk sementara kami menyimpulkan bahwa dengan menggoyang bensin sama halnya menggoyang toples berisi kerupuk, dengan di goyang akan menjadi padat, atau toples yang di isi dengan kopi atau susu.
Hal ini sangat berbeda bensin adalah benda cair sifat benda cair akan mengisi ruang yang kosong dengan sendirinya, 
Berbeda dengan benda padat seperti mokanan dalam toples, ketika di tuang banyak ruang kosong sehingga ketika di hentak atau di goyang maka bagian-bagian yang kosong akan terisi.

Jika kita ingin mengisi bbm kita cukup melakukan 4 hal berikut
meski tidak terlalu signifikan namun  4 hal berikut lebih benar dibanding menggoyang kendaraan
1. Lakukan pengisian bensin pada pagi buta, pada saay pagi udara sangat dingin hal ini menyebabkan suhu dipermukaan tanah juga menjadi dingin. Tangki di SPBU berada di dalam tanah dengan suhu yang dingin, semakin dingin suhu udara bensin akan semakin padat. Sebaliknya semakin panas suhu udara maka bensin akan memuai.

2. Hindari pengisian bensi pada saat tangki baru di isi, karena tangki yang baru disi kotoran dalam tangki masih bergerak akibat aliran deras dari selang pengisian. Jika sudah agak lama maka kotoran akan mengendap kebawah sehingga bensi lebih bersih.

3. Jika tangki bensi pada kendaraan masih setengah maka segera isi, kesimpulanya usahakan tangki terus penuh, karena jika tangki terdapat ruang udara hal ini memudahkan bensin menguap.

4. Sesekali ini kendaraan dengan minyak dengan oktan lebih tinggi, seperti premium - isi dengan pertamax, Selain kotoran yang mengendap akan ikut terangkat dan terbakar di proses pembakaran, mesin akan lebih terawat.

Empat hal di atas lebih baik dilakukan jika ingin mengisi BBM, daripada menggoyang-goyang kendaraan

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini