3/04/2015


Apakah Anda pernah melihat arang? Arang adalah benda yang berbentuk hitam dan berisi residu karbon murni. Arang didapatkan dengan cara pembakaran secara alami. Arang bisa terbuat dari berbagai macam bahan seperti tempurung kelapa, sekam padi, dan kayu. Pembuat arang akan membakar kayu atau beberapa bahan tersebut dalam waktu yang lama. Setelah pembakaran selesai, maka arang akan didinginkan, dijemur dan di kemas.
Di Indonesia arang dimanfaatkan untuk membantu proses pengolahan makanan. Semua jenis makanan yang dibakar secara alami memakai arang dari kayu atau tempurung kelapa. Namun arang ternyata juga bermanfaat untuk kepentingan lain seperti untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat arang dalam bidang kecantikan dan kesehatan.
Apakah Anda pernah mencoba perawatan alami untuk wajah? Arang ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat masker untuk wajah. Anda bisa melarutkan arang bubuk dengan minyak zaitun. Bentuk adonan arang bubuk dan minyak zaitun hingga bisa melekat ke bagian wajah. Setelah terbentuk pasta maka gunakan pasta arang dan minyak zaitun sebagai masker. Biarkan kering dan bilas dengan handuk hangat. Setelah selesai maka kulit akan terlihat lebih halus dan lembut.
Memiliki bau badan akan membuat semua orang merasa tidak percaya diri. Selain itu bau badan juga akan membuat kulit menjadi tidak sehat karena potensi dari bakteri atau kuman dari keringat yang dihasilkan oleh tubuh. Arang adalah salah satu ramuan yang sangat ampuh untuk mengurangi bau badan. Anda bisa memakai arang bubuk dan minyak kelapa. Campur dua bahan ini menjadi pasta. Lumurkan semua adonan arang dan minyak kelapa ke seluruh badan. Tunggu hingga kering dan Anda bisa mandi dengan air hangat.
Arang bisa digunakan sebagai obat untuk penderita jantung dan gangguan kolesterol. Arang bisa dikonsumsi dengan cara dibuat bubuk. Sebelum di konsumsi maka arang bisa dikeringkan dengan oven. Konsumsi minuman serbuk arang selama 3 hari. Setelah itu cobalah untuk mengetes kadar kolesterol dalam darah. Selain itu arang bubuk juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, mual dan nafsu makan yang turun.

Manfaat arang sudah banyak dibuktikan sejak lama. Pada jaman dahulu bahkan orang tua memakai arang dari sekam padi untuk membersihkan rambut. Arang sekam padi bisa memberikan kelembapan alami pada rambut. Dan sekarang berbagai macam inovasi dilakukan untuk mengembangkan manfaat arang untuk kehidupan manusia. Jika Anda ingin memakai arang untuk pengobatan, maka gunakan beberapa jenis arang dari bahan terbaik seperti arang tempurung kelapa dan arang dari kayu yang keras.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini