10/05/2014

10/05/2014
1
Dahulu aquarium hanya berfungsi untuk memelihara ikan hias dan hanya diperuntukkan penggemar ikan hias saja. namun sekarang fungsi aquarium berkembang menjadi tempat membuat ekosistem mini dengan munculnya aquascape. Mengenai kapan pastinya aquascape mulai muncul kami kurang tahu. Namun kurang lebih sekitar tahun 1999 kami sering menjumpai di mall ketika ada petshop expo di semarang, pada waktu itu aquascape dibandrol dengan harga cukup tinggi mulai 300rb sampai 8jt, emang sih yang harga 8 juta ukuranya besar dan ketebalan kaca aquariumnya pun tidak mungkin sama dengan aquarium biasa.
Aquascape selain memiliki fungsi sebagai hobi memelihara ikan hias juga bisa memberi efek kesegaran dan relaxasi pada ruangan kita.

Cara Membuat Aquascape 

Sebelum membuat aquascape kita siapkan bahan dan alat yang akan kita gunakan, semua bahan dan alat untuk membuat aquascape dijual ditoko ikan hias, jadi kita bisa beli dan sekaligus berkonsultasi langsung dengan penjual ikan hias. Namun yang perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan membeli pastikan terlebih dahulu ukuran aquarium yang akan kita gunakan & sesuaikan dengan ukuran space yang akan kita gunakan.

Alat dan bahan membuat Aquascape:

1. Aquarium
2. Filter system
3. Aquarium Lighting
4. Pupuk
5. pasir
6. Batu 
7 kayu
8. Tanaman air
9. Ikan, (pilih jenis ikan hias yang mudah diplihara)
10. Co2



Sebelum membuat aquascape, pastikan aquarium dalam kondisi bersih dan kering. jangan membersihkan aquarium dengan pembersih rumah tangga kita bisa membeli pembersih JBL di toko ikan hias karna itu lebih aman.



1. Tuangkan pupuk penyubur dibagian tengah aquarium, secukupnya






2. Arahkan pupuk ke tengah aquarium




3. Kita timbun pupuk dengan pasir secukupnya sesuai dengan keinginan kita






4. Pasang ornamen batu atau kayu, kita susun tanaman air


5. Pasang Filter air terlebih dahulu sebelumkita isi air,

6. Aquascape kita isi dengan air, cara pengisianya perlahan-lahan, usahakan jangan sampai aliran air membuat aquascape kita keruh atau berantakan


Jikas sudah selesai silahkan masukan ikan, hindari memasukan jenis ikan yangbisa merusak tanaman air atau lobster air tawar juga bisa merusak tanaman air. Untuk ornamen aquascape bisa juga kita dapatkan dengan hunting di sungai.

Jika kita berhasil merawat aquascape kita maka tanaman akan tumbuh subur, artinya kita sudah berhasil membuat ekosistem mini.


Cara membuat pohon Aquascape








Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Memulai atau membuat aquascape sebenarnya tidaklah sulit, tetapi untuk belajar sesuatu yang baru, tentunya dibutuhkan keinginan/hasrat yang kuat, waktu, dedikasi, dan berbagai riset trial error.
    Aquascape telah menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir. Berkebun di dalam air telah menjadi definisi tersendiri yang melibatkan teknik mendekorasi dan mengatur berbagai elemen - tanaman air, batu, kayu dan sebagainya yang nantinya menjadi persepsi tersendiri bagi manusia yang melihatnya.

    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

    www.aqua5cape.com

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini