5/07/2016

Es batu merupakan es yang diproduksi dalam bentuk balok berukuran besar, tujuan es batu sendiri adalah supaya tidak mudah mencair. Biasanya es cacah atau es kristal lebih mudah cair namun es balok lebih lama karena fungsi esbalok sebenarnya untuk para nelayan yang ingin mengawetkan ikan tangkapanya, atau kebutuhan industri lainya.
Besi merupakan jenis logam keras yang biasa digunakan untuk berbagai alat yang mebutuhkan bentuk tertentu namun mampu menahan tekanan yang kuat. Besi sendiri terbuat dari biji besi yang didapatkan oleh para penambang dari dalam bebatuan. Untuk mencairkan besi membutuhkan panas kurang lebih hingga 1535 derajar celcius, besi bisa mendidih pada suhu sekitar 3000 derajat celcius.

Bisa dibayangkan untuk mendapatkan besi cair kira memerlukan panas setidaknya 1500 derajat celcius, kira-kira apa yang akan terjadi jika besi cair bertemu dengan es balok yang memiliki suhu 0 derajat celcius.


Pada umumnya orang rang kan berasumsi sebagai berikut :
1. Es akan mencair
2. Besi akan keras
3. Kedua jawaban itu benar.

Dalam sebuah video youtube menunjukan sebuah percobaan yang mengejutkan, orang dalam video tersebut  menyiapkan sebuah es balok yang sudah dibuat lubang untuk menampung besi panas, 
lalu orang tersebut menuangkan logam cair tersebut dalam es balok, dan yang terjadi bukan ketiga kemungkinan diatas namun justru terjadi ledakan yang mengakibatkan orang tersebut mangalami luka bakar akibat cipratan logam panas.

Hal ini terjadi akibat pertemuan dua benda dengan perbedaan suhu yang sangat extrem, bila kita ingat-ingat percobaan tersebut pernah kita lihat dalam skala kecil, yaitu ketika kita meletakkan es batu yang baru keluar dari kulkas kedalam air minum yang masih hangat. Pada saat es kita masukkan kedalam air hangat kita akan mendengar bunya krak!!! yang merupakan suara es yang retak akibat perubahan suhu yang extrem. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini