7/18/2014

7/18/2014
1
Mengalami mata pedih akibat terkena cabe bisa terjadi pada kita kapan saja dan dimana saja, dari beberapa pengalaman kami diantaranya.
Ketika Menguleg atau mengguling cabe
Menguleg cabe jika tidak dilakukan dengan cara benar dan rapi maka cipratan cabe bisa terbang kemana-mana dan tidak menutup kemungkina bisa mengenai mata kita.  Insiden seperti ini cukup menyiksa.
Ketika makan makanan pedas  berkuah
Menyantap makanan pedas berkuah bisa terjadi cipratan kuah yang mengandung cabe, terutama makanan berkuah yang terdapat mie, seperti mie ayam, bakso atau mie rebus.
Mengucek mata sehabis memegang cabe
Fenomena ini sekilas nampak ceroboh, namun beberapa orang diantara kita pernah mengalami. Kandungan capsaicin bisa menyebar di sekitar mata kita.
Itulah diantaranya hal-hal yang bisa membuat mata kita terkena cabe.
Kandungan capcaisin pada cabe bisa mengiritasi mata kita, sehingga mata kita terasa pedih, panas bahkan sakit ketika di kedipkan. Jikan mata kita terkena cabe jangan terbuu panik ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dari yang ilmiah bahkan kebiasaan beberapa orang yang belum bisa kami jelaskan bagaimana bisa bekerja.

Beberapa Cara mengatasi Mata Pedih Terkena Cabe
Membasuh dengan air hangat
Ketika kita mengalami mata pedih akibat cabe kita bisa membasuh mata kita dengan air, namun air hangat. ada beberapa orangjustru tidak menganjurkan, hal ini bisa dikatakan betul jika kita membasuh dengan air dingin. Namun hal ini justru berlaku jika kita membasuh dengan air hangat karena air hangat bisa membantu mengalirkan kandungan capcaisin yang mengiritasi mata kita sehingga rasa pedih bisa berkurang. 

Menggunakan Air Susu
Seperti pada artikel jhonny tentang cara mengatasi kepedesan, susu bisa menetralisir kandungan capcaisin. Jadi ketika kita mengalami pedih akibat terkena cabe, kita bisa segera membasuh mata kita dengan susu.
Mengucek Dengan Rambut
Pada dasarnya mengucek mata bermanfaat untuk menstimulir keluarnya air mata kita yang memiliki fungsi menyembuhkan iritasi. Namun ada beberapa orang menyarankan menggunakan rambut dan ternyata cara tersebut memang bisa bekerja. Jika kita tidak memiliki rambut yang panjang kita bisa meminjam rambut teman kita sedikit konyol namun cara ini bisa bekerja.
Mencuci jempol kaki
Mencuci jempol kaki ketika mengalami mata pedih terkena cabe hanya sebuah kebiasaan atau mitos yang dipercaya beberapa orang, namun cara ini juga cukup berhasil. Kami pernah berdiskusi dengan seorang ahli refleksi ternyata titik refleksi yang berkaitan dengan mata bukan berada pada jempol kaki. Sampai saat ini kami masih ragu dengan cara ini namun beberapa orang yang pernah melakukan cara ini cukup berhasil.

Dari keempat cara tersebut kita bisa melakukan salah satunya atau empat-empatnya sekaligus, sesuai dengan kondisi kita. Semoga bermanfaat. 
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. wah... benar - benar mantap setidaknya buat jaga - jaga....
    keren bg.... :>)

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini