-->

7/04/2014

Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau

Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat, bahkan dijadkan untuk berbagai macam minuman hangat atau es kacang hijau cukup enak.  Namun untuk beberapa jenis olahan makanan dari kacang hijau, membutuhkan kacang hijau tanpa kulit atau yang sudah terkelupas. Sahabat jhonny, suatu ketika kami pernah mencicipin sebuah minuman hangat disajikan dengan kacang hijau tanpa kulit, karna rasanya yang istimewa menarik perhatian kami kira-kira bagai mana mengupas kulit kacang hijau? awalnya kami pikir seperti mengupas beras.
Untuk mengupas kulit kacang hijau sangat budah sekali, namun membutuhkan waktu setidaknya 24jam. Berikut langkah-langkah untuk mengupas kulit kacang hijau :

Air Bersih
Siapkan air bersih, ari matang lebih bagus (karena jika air yang kita gunakan kurang bersih kacang hijau yang kita rendam akan cepat bau) tuang air kedalam baskom atau wadah sesuai banyaknya kacang hijau yang akan kita kupas


Rendam
Rendam kacang hijau sampai benar-benar tenggelam, untuk itu pastikan air yang kita gunakan cukup banyak, kalau tidak sampai tenggelam maka kacang hijau kita bisa jadi kecambah. Rendam minimal 24 jam maksimal 48 jam.
Ganti air rendaman
Karna untuk merendam kacang hijau membutuhkan waktu setidaknya 24 jam maka setiap sekitar 6 jam air rendaman harus diganti (untuk mencegah kacang hijau kita menjadi bau)
Kacang hijau Siap di Kupas
Proses rendam biasanya ditandai dengan mengapungnya kulit kacang hijau dipermukaan air rendaman, jika kulit kacang hijau sudah siap kupas, kita bisa mengupas kulit kacang hijau dengan cara meremas-remas hingga kacang hijau mulai nampak coklat atau tanpa kulit.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post